Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dusun Lajuk Jadi Tuan Rumah Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang

Dusun Lajuk Jadi Tuan Rumah Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang. Pelaksanaan peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang diadakan pada hari minggu tanggal 30 Juni 2013 yang bertempat di RW.05 Dusun Lajuk  Desa Bulang. Peringatan Haul ini merupakan rutinitas yang diadakan oleh warga Desa Bulang setiap tahunnya.

Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang ini dilaksanakan di beberapa tempat yang berada di Dusun Lajuk diantaranya yakni : Pintu masuk gapura dusun lajuk, rumah Bapak Ismail, TPQ Bau Arum, rumah Ibu Tumi, Mushollah Utara, Rumah Ibu Um, Dan Halaman Pesarean (Makam) Mbah Bau.

Adapun jenis kegiatannya adalah Khotmil Qur'an, Pawai ta'aruf TPQ Se-Desa Bulang, pembacaan Diba' Oleh Laki - Laki, pembacaan Diba' Oleh Perempuan, Terbang Jidor, Al-Banjari, Hadroh, Tahlil Bersama, Dan Pengajian Umum. Semua rangkaian acara tersebut dilaksanakan secara serentak dimulai sehabis sholat isya' kecuali khotmil Qur'an yang diadakan mulai pagi hari sampai dengan masuk waktu sholat ashar dan Pawai Ta'aruf yang dimulai setelah sholat ashar.

Dalam rangkaian acara tersebut segenap warga desa bulang terlibat langsung demi kelancaran Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang. Keterlibatan warga selain sebagai panitia pelaksana, adalah dengan suka rela menyediakan konsumsi bagi warga yang hadir. Dan pada puncak acara terlihat antusias warga desa bulang bahkan warga dari desa lain berbondong bondong menyaksiakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh pihak panitia pelaksana.

Berikut informasi mengenai Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang yang diadakan di dusun lajuk :

RANGKAIAN ACARA PERINGATAN HAUL KE 18 DESA BULANG

1. Khotmil Qur'an
Adalah acara membaca Al-Qur'an sampai habis (Juz 1 - juz 30) oleh warga desa bulang pada umumnya yang bertempat di mushollah atau di makam para sesepuh desa bulang. Khotmil Qur'an dimulai pagi hari sekitar pukul 06:00 s/d selesai (Masuk Waktu Sholat Ashar).

2. Pawai Ta'aruf TPQ Se-Desa Bulang
Kemeriahan pawai ta'aruf ikut mewarnai Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang

Dusun Lajuk Jadi Tuan Rumah Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang


Dusun Lajuk Jadi Tuan Rumah Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang

Dusun Lajuk Jadi Tuan Rumah Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang

3. Al-Banjari
Acara hadrah dihadiri oleh tim Banjari dari dusun lajuk sendiri yang tergabung dalam group Banjari ABG dan juga tim banjari dari desa sekitar seperti gampang, jatikalang, jatitani, kenongo dan kebaron yang bertempat di halaman rumahn Ibu Tumi

Dusun Lajuk Jadi Tuan Rumah Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang

Dusun Lajuk Jadi Tuan Rumah Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang


4. Terbang Jidor
Acara terbang jidor ini dihadiri oleh tim terbang jidor al-mujahadah desa bulang yang bertemat di depan pintu masuk gapura dusun lajuk.

5. Manaqiban
Pmebacaan manaqib dilaksanakan di TPQ Bau Arum Oleh sebagian Bapak Bapak dari warga desa bulang sendiri.

6. Hadrah
Acara lain yang tidak kalah meriahnya pada Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang adalah Hadrah yang dihadiri oleh tim Hadrah dari desa tetangga yang bertempat di halaman mushollah sebelah utara dusun lajuk.

7. Pembacaan Diba' 
Ialah acara bacaan diba' nabi muhammad s.a.w. oleh pemuda dan pemudi desa bulang yang bertempat di rumahnya Bapak Ismail untuk laki-laki dan bertempat di Rumahnya Ibu Um untuk perempuan.

8. Pengajian Umum
Acara ini sebagai acara inti dari semua rangkaian kegiatan Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang. Seperti tahun tahun sebelumnya, dalam pengajian umum ini selalu mengundang para kyai sebagai pembicara. Pada kesempatan kali ini, Kyai Wachid Harun berkesempatan menyampaikan tausiyah atau mauidlotul hasanah dan juga mengundang Kyai Hafidz sebagai umam tahlil sebelum acara tausiyah dimulai.

Dari semua rangkaian acara di atas, tampak warga desa bulang maupun warga desa tetangga begitu antusias. Dengan diadakannya kegiatan seperti ini diharapkan memperat tali persaudaraan antar warga dan menambah nilai spiritual untuk menghadapi bulan puasa yang sebentar lagi tiba

Semoga pada acara peringatan Haul Desa dimasa mendatang bisa lebih meriah lagi dari sebelumnya.

Dusun Lajuk Jadi Tuan Rumah Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang  


Post a Comment for "Dusun Lajuk Jadi Tuan Rumah Peringatan Haul Ke 18 Desa Bulang "