25 Feb 2013

Komunitas Delta Blogger Sebagian Dari Pemuda Desa Bulang

Komunitas Delta Blogger Sebagian Dari Pemuda Desa Bulang


Komunitas Delta Blogger Sebagian Dari Pemuda Desa BulangBulang, 3 Februari 2103.  Kata blogger sudah jelas tidak asing lagi bagi para netter khususnya merke yang suka menulis artikel, berita, ataupun catatan pribadi. Blogger merupakan sebutan bagi mereka yang suka menulis dalam sebuah wadah yang telah tersedia secara online baik itu blogspot, wordpress atau lain sebagainya yang mempunyai banyak variasi tujuan, mulai dari catatan personal (pribadi) sampai dengan tujuan komersil (cari duit). 
Lewat media online seperti blogspot dan lainnya tersebut, seseorang bisa berbagi informasi kepada para pengunjung dunia maya. Tak jarang dari para blogger memanfaatkan media tersebut untuk mencari penghasilan tambahan disamping mencari penghasilan di dunia nyata. Salah satu contohnya adalah mereka yang terkumpul dalam persatuan blogger kabupaten sidoarjo dengan menamakan komunitasnya Delta Blogger. Anggota Delta Blogger terdiri dari para blogger mulai siswa SLTP, SLTA, sampai dengan orang yang sudah bekerja di sebuah perusahaan. Mereka berasal dari desa yang berada di Sidoarjo dan anggota Komunitas Delta Blogger Sebagian dari Pemuda Desa Bulang, yakni desa yang berada paling selatan kota sidoarjo yang berbatasan langsung dengan kabupaten mojokerto. 
Kegiatan komunitas ini tidak lain adalah saling berbagi pengalaman tentang dunia blog sebagai salah satu prioritas pembahasan saat Kopdar (Kopi Darat). Selain itu komintas Delta Blogger juga menawarkan bentuk kerjasama dengan Pengusaha Kecil yang bergerak di bidang Usaha Kecil Menegah (UKM) untuk menawarkan produknya melalui dunia maya.

Komunitas Delta Blogger Sebagian dari Pemuda Desa Bulang.

Tampak pada photo di atas adalah para delta blogger yang sedang melakukan sharing pengalaman (Kopdar) di bawah pohon yang berada di Cafe Askem sidoarjo. 

Biografi Anak Pengamen Jalanan Bakrul

Biografi Anak Pengamen jalanan "Bakrul"

Biografi Anak Pengamen Jalanan Bakrul

Bulang,25 Februari 2013. Kreatifitas memang menjadi salah satu kunci kesuksesan kita sebagai insan yang diberi akal pikiran oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dengan kreatifitas itu potensi seseorang sangat besar kemungkinan  berkesempatan menjadikan dirinya untuk bisa terkenal atau minimal menjadi salah satu figur yang bisa dijadikan motivasi bagi kita. Bentuk dari pada kreatifitas itu sangat banyak macamnya namun kreatifitas memainkan senar gitar adalah menjadi salah satu andalan anak muda yang bernama Bakrul (10 Tahun) berasal dari Desa Bulang, Kecamatan Prambon Sidoarjo, Jawa Timur ini. 
Hobi gitar yang lama digelutinya sejak usia 7 tahun itu di gunakan untuk mencari penghasilan buat uang jajannya sehari - sehari dengan cara mengamen di jalanan. Alasan mendasar adalah dari pada meminta uang ke orang tua mending mengamen bisa menghasilkan uang sendri. 
Alasan seperti itu sebenarnya kurang bisa diterima oleh kalangan orang pada umumnya mengingat usianya yang masih menginjak sekolah dasar. Namun demikian kita ambil segi positifnya saja sebab dengan potensi dia sekarang tidak menutup kemungkinan dia bisa menjadi orang sukses di masa mendatang jika didukung dan di bimbing secara maksimal baik oleh orang tua, guru maupun teman kerabat terdekatnya.

Biografi Anak Pengamen jalanan "Bakrul"

Tentu kita ingat nama anak kecil yang bernama Tegar, Dia mempunyai hobi yang sama dengan bakrul, hanya saja dia bernasib lebih beruntung sebab memiliki keahlian gitar dan suara bagus. Untungnya lagi Si Tegar berada tidak jauh dari perkotaan sehingga pada suatu ketika dia menjadi anak terkenal lewat lantunan lagu berjudul "Aku Dulu Bukanlah Yang Sekarang". Itupun tidak leas dari peran besar media massa membawanya ke dunia entertainment. Tidak jauh dengan Bakrul, hanya saja dia berada di pedesaan yang jauh dari keramain ataupun media masa.
Bakrul, Selain Hobi memainkan gitar dan mengamen dijalanan, dia juga sering meluangkan waktunya untuk bermain Game Online bersama teman - teman sekolahnya. Keahlian memainkan game online juga lumayan bagus. Intinya dia juga mempunyai bakat yang bisa berkembang jika di arahkan dengan baik.

Biografi Anak Pengamen Jalanan Bakrul

Photo di atas adalah Bakrul atau akrab dipanggil Bacung ini sedang asyik bermain game online di salah satu warnet favoritnya yakni Simpang3iga.Net. Game Online kesukaannya ialah Lost Saga, Game dari protal game terbesar di indonesia yaitu Gemscool. uang yang ia gunakan untuk membayar biaya warnet adalah dari hasil ngamen tiap harinya. Kalau ditanya penghasilan mengamennya rata - rata bisa di buat untuk makan siang, jajan dan bermain warnet.
Anak muda ini jika di arahkan dengan baik, tidak menutup kemungkinan bisa sukses dan terkenal layaknya "Tegar". Mudah - mudahan apa yang di cita - citakan bisa terwujud di .kemudian hari. Amiin. Demikian artikel Biografi Anak Pengamen jalanan "Bakrul", semoga menjadi inspirasi buat kita untuk tidak menyerah di kerasnya persaingan pada masa sekarang.

24 Feb 2013

Persiapan Terakhir Tim Mandana Putra Menjelang Laga Kontra Sinar Harapan

Persiapan Terakhir Tim Mandana Putra Menjelang Laga Kontra Sinar Harapan

Persiapan Terakhir tim mandana putra menjelang laga kontra sinar harapan difokuskan pada sore tadi di lapangan kesayangan desa bulang. Persiapan tim lebih difokuskan untuk kesiapan fisik dan mental para pemain. Hal ini dilakukan sebagai koreksi sebab kekalahan minggu lalu dari Janti Fc. Alasan kekalahan lebih didominasi karena mental pemain ketika mereka bermain tandang dan juga sebab ketidak kompakan para pemain sehingga mempengaruhi kekuatan fisik. Mengapa bisa dikatakan demikian, yaaa sebab kebanyakan dari pemain mandana putra ini sering melakukan ketidaksiplinan secara pribadi. Meski demikian mereka optimis bisa mengalahkan Sinar Harapan pada hari minggu 24 februari besok.


Tetapi ada kabar buruk yang lagi - lagi menghampiri tim besutan Bang eko prastyo, sebab di sesi latihan tadi sore terlihat striker andalannya "koko Al-Makhsyar" mengalami kambuh pada engkel kanannya. Besar kemungkinan pemain ini akan di istirahatkan dan harus rela melihat timnnya di bangku cadangan. 


Persiapan Terakhir Tim Mandana Putra Menjelang Laga Kontra Sinar Harapan

Berikut cuplikan Video latihan tim mandana putra tadi sore waktu setempat.

video



22 Feb 2013

Karang Taruna Bhakti Menawarkan Bisnis Kecil-Kecilan

Karang Taruna Bhakti Menawarkan Bisnis Kecil-Kecilan

Karang Taruna Bhakti Menawarkan Bisnis Kecil-Kecilan

Demi memajukan produktifitas sebagai masyarakat desa bulang khususnya organisasi karang taruna maka kami selaku pengurus harian bermaksud mengajak kepada masyarakat umum untuk bekerjasama di bidang usaha kecil menengah. Harapan diadakannya kerja sama ini adalah untuk meminimalisisr angka pengangguran dan juga menambah penghasilan. Adapun bentuk usaha tersebut adalah Bisnis Jual Pulsa. 
Dalam bisnis ini kami menawarkan produk yang mudah, cepat, ringan dan tentunya terpercaya meskipun  menghasilkan labanya yang tidak terlalu besar. 

Jika berminat silahkan lihat brosur di bawah ini :

Karang Taruna Bhakti Menawarkan Bisnis Kecil-Kecilan

Persiapan Fc Mandana Putra Vs FC Sinar Harapan

Persiapan Fc Mandana Putra Vs FC Sinar Harapan

Persiapan Fc Mandan Putra Vs Fc Sinar Harapan

Bulang, 22 Februari 2013. Pertandingan persahabatan yang akan di lakoni oleh anak - anak Mandana Putra Pada 24 Februari 2013 akan mempertaruhkan gengsi sebagai salah satu tim sepakbola desa Bulang, Kecamatan Prambon. Pasalnya lawan yang akan di hadapinya adalah salah satu klub terkenal dan mempunyai jam terbang yang tinggi yakni FC Sinar Harapan. FC Sinar Harapan adalah lawan berikutnya setelah pada minggu 17 Februari 2013 kemarin FC Mandana Putra mengalami kekalahan telak 3:0 ketika melawat ke stadion Janti Fc dan Kekalahin itu menjadi hasil paling buruk selama penampilannya di tahun 2013. Oleh sebab itu manager tim Mandana Putra tidak ingin mengulangi kekalahannya dan meminta para pemainnya untuk lebih semangat dan berkonsentrasi lagi jika ingin tetap bisa meneruskan pertandingan persahabatan melawan tim - tim lainnya. Dari pihak manager sendiri, yakni Bang Eko Prastyo akan menjadi pertaruhan predikat sebagai pelatih berlisensi dengan cara akan memenangkan pertandingan melawan Sinar Harapan Fc. Jika kemengan dapat diraih timnya maka bukti kepelatihannya perlu di apresiasi. Dari segi anak asuhnya, diprediksi akan tampil dengan kekuatan penuh jika tidak ingin mengulai kekalahan di kandang lawan. 

Persiapan Fc Mandan Putra Vs Fc Sinar Harapan


Persiapan Fc Mandan Putra Vs Fc Sinar Harapan

Persiapan Fc Mandana Putra Vs FC Sinar Harapan

Ada nama seperti koko d'Berkat dikabarkan sembuh dari cedera engkel yang di deritanya di sesi latihan dan siap tampil habis-habisan. Ada juga nama Galeh Sudarsono Kumpil juga ikut memperkuat timnya setelah pada pertandingan melawan janti absen akibat dilanda putus cinta. Nama lain seperti M.Nur hasan Kurus juga dikabarkan tampil setelah pada laga sebelumnya tidak mempunyai sepatu bola. Nama-nama yang telah disebutkan tadi terlihat ketika sesi latihan di lapangan bulang.
Ada Kabar paling menggembirakan yang dilontarkan pihak pengelola Club Ridho meduk bahwa "jika timnya kali ini memenangkan pertandingan, maka semua pemainnya mendapatkan bonus berupa voucher belanja sebesar 30.000 selama satu bulan". 
Dengan hasil prediksi di atas diharapkan tim Mandana Putra bisa pulang membawa kemenangan ketika melakoni laga persahabatan melawan Sinar Harapan. 
Jangan lupa saksikan pertandingannya di stadion Sinar Harapan Tulangan atau saksikan Live di stasiun Lokal  JumpalisasiTv pada tanggal 2 Febriari 2013 mulai Pukul 16:30 WIB

tim red : Jumpalisme

21 Feb 2013

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

PNPM adalah salah satu program pemerintahan pusat yang dikelola di pedesaan dengan tujuan memberdayakan masyarakat terutama yang kurang mampu. Program ini sebagai wadah untuk menampung segala aspirasi masyarakat, tentunya di bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat demi memajukan warga dan desanya sendiri. Pada intinya adalah membantu terwujudnya tujuan nasional yakni setidaknya mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan potensi warga indonesia. Bentuk program ini merupakan aktifitas warga yang mana di desanya mendapatkan bantuan berupa dana dan kemudian dikelola demi tujuan bersama. Bantuan dana itu harus dipergunakan dan dikembangkan setidaknya untuk memberdayakan masyarakat kurang mampu dalam tiga bidang diantaranya masalah infrastruktur, Keuangan dan sosial. Disini warga bertindak selaku pengelola dana tersebut sesuai dengan aspirasi yang sudah disepakati sebelumnya melalui rapat bersama. Untuk bisa menjalankan program yang telah disepakati harus dibentuk sebuah panitia yang disebut sebagai Kelompok Swadaya Masyarakat membawahi Lembaga Kepemimpinan Masyarakat (LKM) pada tingkat pedesaan. Banyak sekali bentuk kegiatan yang bisa dilakukan masyarakat, salah satu contoh kelompok swadaya masyarakat ada di desa Bulang adalah KSM Violet Bergerak Di Biang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Biang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah
Dalam hal ini KSM Violet mempunyai dua program kerja pokok yaitu mengadakan pelatihan komputer dan mendirikan usaha warnet. Asal mula munculnya ide ini adalah ketika pemuda karang taruna masih semangat-semangatnya berkumpul berorganisasi. Kala itu muncullah ide bagaimana kalau di desa kita di adakan pelatihan komputer sekaligus bisa digunakan untuk mendirikan wanet.
Al-hasil, sekilas pemikiran itu ternyata di konfirmasi oleh kelurahan dan akhirnya mendapatkan gelontoran dana sebesar 10.000.000. Kemudian dana tersebut dirupakan empat unit komputer lengkap dan kebutuhan mendirikan warnet senilai 7.750.000, sisanya digunakan untuk pelatihan komputer sebesar 1.250.000 bagi 5 orang. 
Program tersebut ternyata berhasil dan beroprasi sampai sekarang dan kabar baiknya adalah dengan diadakannya program ini di desa Bulang, menjadi salah satu inspirasi bagi desa tetangga untuk lebih giat lagi mengembangkan program pemerintahan di desanya masing-masing. Setelah hampir berjalan selama hampir satu tahun, KSM Violet mengembangkan laba yang diperolehnya dari bisnis warnet dengan cara membelikan satu unit komputer lagi dan hasilnya lumayan menggembirakan. Laba hasil pengelolaan warnet selanjutnya diberikan kepada masyarakat kurang mampu lewat bhakti sosial pembagian sembako bagi warga desa bulang yang kurang mampu. 
Dan program yang dikelola KSM Violet ini sampai sekarang masih berjalan dengan baik meski cenderung menurun sebab kesibukan masing-masing pengurus.

20 Feb 2013

TPQ Bau Arum

TPQ Bau Arum


Selain Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Mujahadah, Di desa Bulang, tepatnya Di dusun Lajuk terdapat TPQ Bau Arum. Di lihat dari bentuk bangunannya memang tidak sebesar TPQ Al-Mujahadah tetapi kalau dilihat dari segi murid yang mengaji, tidak kalah banyak. Hampir 50 murid mengaji di TPQ yang di bimbing Ustadz Maryam. Ibu tiga anak ini hampir separuh hidupnya mengabdikan dirinya sebagai guru mengaji Al-Qur'an di Dusun Lajuk dan kebanyakan dari para muridnya bisa membaca al-Qur'an dengan baik

TPQ Bau Arum

Jam mengaji para murid/santri dimulai setelah sholat ashar sampai dengan pukul 05:00WIB setiap hari kecuali hari kamis libur. Sistem pengajarannya ialah mulai dari turutan (bacaan mengeja huruf arab) atau yang sering disebut Iqra' sampai dengan membaca Al-Qur'an yang dituntun dan dibimbing langsung oleh Ustadz Maryam dibantu dua Ustadz lainnya yakni Uztadz ismail dan Ustadz Waroh. Sistem pengajian Iqra' ini dikhususkan bagi anak usia dini dan diselesaikan sampai batas akhir Juz, sedangkan untuk membaca al-Qur'an adalah bagi anak yang sudah lulus membaca Iqra' dan juga oleh orang tua murid. 
Selain dua sistem pembelajaran di atas ada agenda rutin yakni pengajian yasin yang di adakan pada hari jum'at, selain itu juga ada ekstra banjari oleh murid TPQ Bau Arum

Pelatihan Usaha Sablon Oleh Mahasiswa UNIPA Surabaya

Pelatihan Usaha Sablon Oleh Mahasiswa UNIPA Surabaya

Pelatihan Usaha Sablon Oleh Mahasiswa UNIPA Surabaya

Pelatihan Usahan Sablon Oleh Mahasiswa UNIPA Surabaya dilaksanakan pada hari sabtu, 16 Februari 2013 bertempat di Balai Kelurahan Desa Bulang, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo. Acara tersebut diadakan sebagai salah satu Program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Unipa Surabaya yang di ikuti oleh pemuda desa bulang baik yang ada dalam organisai karang taruna, LSM seperti remaja masjid, IPNU/IPPNU dan juga oleh warga desa bulang pada umumnya.

Pelatihan Usaha Sablon Oleh Mahasiswa UNIPA Surabaya

Pelatihan Usaha Sablon Oleh Mahasiswa UNIPA Surabaya

Bentuk kegiatan ini juga sebagaimana yang terdapat dalam tema yang diangkat oleh mahasiswa ialah menjadikan sebuah desa itu lebih produktif. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini masyrakat desa lebih kratif lagi dan lebih produktif lagi dengan cara bisnis kecil-kecilan seperti usaha sablon. 

19 Feb 2013

Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Mujahadah

Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Mujahadah

Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Mujahadah

Taman Pendidikan AL-Qur'an Al-Mujahadah adalah salah satu tempat belajar mengaji anak-anak dan pemuda desa bulang pada umumnya. Terletak di sebelah paling barat desa Bulang dan telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, menjadikan Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Mujahadah sebagai tempat tertua dan mempunyai banyak murid atau santri. Taman pendidikan itu juga merupakan pondok pesantren desa bulang yang terletak berdekatan dengan masjid Al-Mujahadah Bulang
Taman pendidikan itu dipimpin langsung oleh KH.Rahmad dan memiliki kurang lebih 10 orang ustadz/ah serta memiliki sedikitnya 100 murid dari desa sendiri maupun desa tetangga. Selain pendidikan Al-Qur'an sebagai salah satu bentuk pembelajaran para santri, ada materi pengajian lainnya yang di berikan kepada para santri di luar jam pengajaran Al-Qur'an. Jadwal pengajian al-Qur'an itu sendiri dimulai pada jam tiga sampai dengan jam lima sore kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib secara berhamaah. Setelah itu baru diadakan pengajian kitab kuning.
Jika anda sebagai warga desa bulang sebaiknya mendaftarkan anak-anak anda untuk belajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Mujahadah

Peringatan HUT RI Di Desa Bulang

Peringatan HUT RI Di Desa Bulang

Peringatan HUT RI Di Desa Bulang

Selama masa kepengurusan Karang Taruna Desa Bulang di adakan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) setiap tahunnya. Namun perayaan itu tidak selalu diadakan tepat pada tanggal 17 agustus sebagaimana hari kemerdekaan indonesia, melainkan di rayakan baik tepat pada bulan agustus atau sebelum atau sesudahnya dikarenakan berbeturan dengan perayaan hari besar lainnya. 
Meskipun begitu perayaan hari ulang tahun ini selalu ditunggu oleh warga desa bulang dan menjadi salah satu momen paling meriah. Antusias warga terhadap perayaan ini besar sekali sebab selalu di adakan lomba yang bersifat internal demi mempererat tali persaudaraan seperti panjat pinang, gepuk bantal, sepak bola antar RW, bola voli antar RW dan di akhiri dengan Jalan sehat sekaligus untuk pembagian hadiah juara lomba.

Peringatan HUT RI Di Desa Bulang

Pada perayaan HUT RI itu juga disediakan berbagai aneka hadiah mulai dari marchendais sampai dengan uang tunai meskipun nominalnya tidak banyak. Meskipun begitu Peringatan HUT RI Di Desa Bulang
ini mendapat antusias besar dari warga dan selalu dinanti tiap tahunnya.

Peringatan HUT RI Di Desa Bulang


Peringatan HUT RI Di Desa Bulang

Demikian ekilas tentang Peringatan HUT RI Di Desa Bulang semoga menjadi motivasi bagi kita semua.

Mandana Putra Tim Sepak Bola Karang Taruna Bulang

Mandana Putra Tim Sepak Bola Karang Taruna Bulang


Selain sibuk dalam kepengurusan karang taruna, para anggota dan pengurus harian tidak lupa menyempatkan bermain sepak bola yang mana manjai salah satu olah raga favorit di desa Bulang. Di samping menjalankan salah satu program kegiatan karang taruna yakni mendirikan SSB "Taruna Bhakti Muda" di mana anggotanya  mayoritas anak berumur 9 s/d 15 tahun, Karang Taruna Desa Bulang juga mempunyai skuad terbaik yang tergabung sebagai tim Mandana Putra.
mandana putra tim sepak bola karang taruna bulang

Tim ini bisa di bilang mempunyai jam terbang tinggi meskipun tanpa adanya pelatih, pasalnya setiap kali ada waktu luang setelah capek kerja, pemuda bulang menyempatkan bermain bola bersama di lapangan dan sering juga melakukan uji coba persahabatan melawan desa tetangga seperti cangkring, kenongo, kepadangan, temu, krembung. Tidak jarang skuad Mandana Putra memenangkan dalam uji coba persahabatn tersebut. 

Mandana Putra Tim Sepak Bola Karang Taruna Bulang

Skuad Mandana Putra diperkuat oleh Amnizar sebagai penjaga gawang, Hendra Romanisti sebagai Center Beck, Roby Susanto dan bagus sebagai wing beck, dedik dedot sebagai Gelandang bertahan, Pandik dan muh. Nur Hasan sebagai Gelandang Serang, ada galeh dan remon sebagai sayap dan di lini depan di tempati oleh rudi ucok, dan koko al-makhsyar.
Cadangan ada tiyan, galang, alfian, agus beki, beni dollo, adhin memble, suyek.

Itulah beberapa nama - nama yang tergabung dalam Mandana Putra Tim Sepak Bola Karang Taruna Bulang dan hingga kini masih bertahan meskipun cenderung bubar yang diakibatkan kondisi lapangan dan perorangan yang sibuk kerja.

18 Feb 2013

PNPM Perdesaan

PNPM Perdesaan

PNPM Perdesaan 1Pnpm Perdesaan merupakan salah satu program pemerintah nasional yang betujuan memberdayakan masyarakat kurang mampu khususnya di daerah pedesaan yang bisa dibilang masih tertinggal, mempunyai tingkat ekonomi rendah, dan masih mempunyai potensi menjadi desa yang lebih produktif.
Secara garis besar, Pnpm ini mendapatkan dana bantuan langsung dari pemerintah pusat untuk selanjutnya di kelola ole desa yang sudah terdaftar dalam list. Dana bantuan itu digunakan untuk tiga sektor penting yakni di bidang infrastruktur, keuangan (Dana Bergulir), dan sosial. Sekilas mengenai program pnpm pedesaan ini, perlu kiranya kita sebagai warga mengetahui alur pengelolaan dana tersebut dan apa salahnya jika kita berperan sebagai pengawas sosial ataupun pengelola dalam program tersebut.

PNPM Perdesaan


Dalam Program pemerintah tersebut ada yang namanya Faskel (fasilitator Kelurahan) yang membawahi LKM (lembaga keswadayaan masyarakat) yang mana membawahi KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) sebagai pengelola utama program yang telah dicanagkan dan disepakati bersama dalam rapat kepengurusan oleh warga khususnya warga kurang mampu. Pada hakikatnya program ini melibatkan hampir 90% warga kurang mampu untuk mengelola dana tersebut dengan tujuan yakni memberdayakan desanya dan meningkatkan potensi secara individunya.
Screen Shoot Pnpm perdesaan :



Demikian sekilas tentang PNPM Perdesaan semoga mendapatkna sedikit ilmu pengetahuan seputar program pemerintah pusat yang dilaksanakan di desa.

PNPM Perdesaan




8 Feb 2013

Masjid Desa Bulang " Al-Mujadah"

Masjid Desa Bulang " Al-Mujadah"


Masjid yang terletak tidak jauh dari kelurahan ini bisa di bilang masjid kuno sebab dilihat dari kondisi fisik masjid tersebut masih berbentuk bangunan lama.

7 Feb 2013

Anggota Dewan Dari Desa Bulang

Anggota Dewan Dari Desa Bulang


Abdul Kholik merupakan salah satu warga desa bulang yang berhasil menempati kedudukan di DPRD sidoarjo yang mana pada pemiluhan anggota legislatif beliau berhasil mengalahkan beberapa lawannya dimana salah satu pesaingnya adalah satu desa. Suatu kebanggaan tersendiri bagi warga desa bulang karena memiliki wakil rakyat seperti Abdul Kholik ini.

SSB Taruna Bhakti Muda Desa Bulang


SSB Taruna Bhakti Muda - Sebagaimana namanya ialah diambilkan dari nama karang taruna itu sendiri. Berdiri sejak Akhir bulan 2010 yang lalu, sekolah sepakbola yang didirikan oleh kepengurusan karang taruna ini masih bertahan hingga saat ini. Berawal dari minat anak usia sekolahdasar agar di adakan latihan sepak bola di desa bulang, maka muncul inisiatif untuk mendirikan sekolah sepak bola. 

Antusias pemuda dan warga pun begitu resposif positif dan tidak heran seketika itu banyak anak anak mendaftarkan dirinya sendiri atau di antar oleh orang tuanya. Statistik memuaskan kala itu anggota ssb ini bisa mencapai angka 150 siswa. akan tetapi grafik anggotanya mengalami penurunan drastis yang membuat kondisi SSB menjadi tak terurus. Continue

Balai Desa Bulang

Balai Desa Bulang


Bangunan yang terpampang di atas meruakan desain bangunan baru kantor kelurahan desa bulang yang baru selesai dibangun pada pertengahan tahun 2012. Dulunya bangunannya tidak bagus seperti itu melainkan cukup sederhana yang merupakan tinggalan dari kepala desa terdahulu.
Balai desa bulang tepatnya terletak diantara perbatasan antara kecamatan krembung, tulangan dan kecamatan prambon, berada 6 Km di sebelah timur kantor kecamatan Prambon, 3 Km dari sebelah barat Kecamatan Krembung, Dan dari selatan berjarak sekitar 8 Km dengan Kecamatan Tulangan. Lokasi strategis dari desa bulang memungkinan kemajuan ekonomi warganya semakin berkembang dengan cepat apalagi di desa itu akan bermunculan pabrik industri dalam skala besar. 

Agenda kegiatan Karang Taruna "Taruna Bhakti"


Dalam kegiatan keorganisasiannya karang taruna desa bulang memilik Agenda kegiatan program diantaranya ialah melaksanakan segala kewajiban sesuai program kerja yang sudah dicanangkan sebelumnya. Diantara kegiatan itu adalah mengadakan rutinitas peringatan hari ulang tahun republik indonesia dibarengi jalan sehat mengingat antusias warga desa bulang sangat besar. 
Selain itu adalah mengadakan ziarah ramadhan ke makam para wali, Mengadakan kegiatan sosial semisal santunan anak yatim, pembagian harta kepada warga kurang mampu, maupun kegiatan keagamaan dan lain sebagainya.

Agenda kegiatan Karang Taruna "Taruna Bhakti"

Untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah agenda organisasi karang taruna desa bulang selama periode jabatan 2010 s/d 2012 :
1. Peringatan HUT RI Ke-65
2. Ziarah Ramadhan 1431 H
3. Buka Bareng Puasa Ramadhan 1431 H
4. Peringatan HUT RI Ke-66
5. Ziarah Ramadhan 1432 H
6. Ziarah Ramadhan 1433 H
7. Gerak Jalan Tingkat Kecamatan Prambon
8. Pengelolahan Bisnis Warnet
9. Mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB Taruna Muda)
10. Santunan Warga Kurang Mampu

Sepuluh kegiatan di atas adalah sebagaian dari agenda kegiatan yang di canangkan oleh pengurus karang taruna desa bulang. Dan untuk agenda kegiatan karang taruna yang lain sesuai dengan rutinan kepengurusan karang taruna itu sendiri

Program kerja Karang taruna "Taruna Bhakti"

Program Kerja Karang Taruna"Taruna Bhakti"


Setiap organisai pasti mempunyai program kerja untuk mewujudkan beberapa tujuan yang akan di capai. Program kerja itu tentunya disusun bersama - sama dengan kepengurusan karang taruna itu sendiri dengan cara melihat segala aspek yang ada di Desanya masing - masing. Setiap daerah sudah pasti mempunyai beberapa aspek yang bepengaruh untuk mengetahui sejauh mana potensi yang dimiliki oleh warganya.
Oleh karena itu, maka karang taruna desa bulang mempunyai program kerja sebagai berikut 

# Divisi Keagamaan :
Ziarah Wali Ramadhan
Berbuka Puasa Bersama

# Divisi Orseni :
Mengadakan Peringatan HUT RI
Mengikuti Kegiatan Eksternal Di Bidang Olah Raga Dan Kesenian

# Divisi Pemerintahan
Mengawasi Mobilitas Kegiatan Kepengurusan Dan Anggota karang Taruna

# Divisi Pengembangan Dana
Mengadakan kegiatan yang berorientasi pada usaha kecil menengah

# Divisi Keamanan
Menjaga Ketertiban Dalam Kegiatan Internal Maupun Eksternal

# Divisi Kebersihan
Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar Desa Dengan Cara Mengadakan Gotong Royong Yang Terjadwal.

Dari sekian Program Kerja Karang Taruna yang telah dijelaskan di Atas mudah mudahan bisa menjadi bahan refrensi bagi kepengurusan karang taruna baru di manapun berada. Semoga bermanfaat

Program kerja Karang taruna

Taruna Bhakti

Taruna Bhakti

Karang Taruna Desa Bulang


Karang Taruna Desa BulangIalah nama sebuah organisai karang taruna Desa Bulang yang sudah lama berdiri dan menjadi salah satu organisai para pemuda - pemudi untuk membantu mewujudkan tujuan nasional dari tingkat pedesaan. Organisai karang taruna merupakan salah satu organisai legal dan diakui oleh pemerintah di tingkat desa yang ada di seluruh pelosok indonesia, tidak terkecuali "Tauna Bhakti" Organisi ini juga mempunyai berbagai program kerja sehingga aktifitas para pemuda terarahkan kepada hal yang bisa membantu terwujudnya tujuan nasional bangsa indonesia. 
Di tahun 2013 ini karang taruna desa bulang merupakan periode kepengurusan penerus periode tiga tahun sebelumnya yang akan segera berakhir di bulan mei 21013 mendatang. Selama masa jabatan banyak program kerja yang terlaksana mulai dari sosial, kesenian, kegamaan dan lain sebagainya. Untuk itu perlu kiranya ada kaderisasi untuk kepengurusan berikutnya.
Karang Taruna Desa Bulang ini tidak hanya pemuda pemudi yang berada dalam kepengurusan melainkan semua pemuda yang berada di desa bulang dan sekitarnya, entah itu para pemuda pemudi dalam satu organisai lain. Kesemuanya itu tergolong satu kesatuan organisasi yang dengan bersama - sama menjalankan program kerja demi untuk meningkatkan potensi warga desa bulang pada umumnya.