28 Mar 2013

Belajar Soal UN Secara Online

Belajar Soal UN Secara Online 

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/belajar-soal-un-secara-online.html

28 Maret 2013. Bulang. Pelaksanaa Ujian Nasional (UN) semakin mendekati waktu yang telah ditetapkan oleh pemerintah.Ujian Nasional ini rencananya akan segera digelar pada bulan april untuk jenjang pendidikan menengah dan pada bulan mei untuk jenjang sekolah dasar. Beberapa upaya persiapan menghadapi soal ujian nasional ini sudah banyak dilakukan hampir disetiap sekolahan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan bagi siswa yang ingin memperdalam lagi tentang soal - soal ujian nasional, akan senantiasa belajar di luar sekolahan, misalkan di rumah ataupun belajar kelompok.

Selain upaya tersebut diatas, kini bagi kalian bisa Belajar Soal UN Secara Online di berbagai portal yang menyediakannya. Salah satu contohnya adalah latihanujian.com. Yakni salah satu portal yang digawangi oleh produsen alat tulis faber castell dan khusus disediakan untuk menyambut UN tahun 2013. 

Untuk penyusunan Soal UN Online ini dikerjakan oleh tim yang mengacu pada Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Product Manager PT Faber Castell Internasional Indonesia, Christian herawan.
Dalam portal ini, disediakan soal untuk siswa kelas VI, IX, dan XII sesuai jurusan yang diambil. Tidak hanya sekadar soal dan jawaban, portal ini juga dilengkapi dengan pembahasan soal yang menyeluruh dan pengoperasian yang mudah kemudian ada prediksi nilai juga yang dapat dijadikan acuan siswa.

Jika kalian tertarik dan penasaran dengan Soal UN Online ini, kunjungi www.latihanujian.com dan silahkan melakukan login dengan username dan pasword masing - masing. Jika masih bingung, silahkan klik di sini untuk mulai mengisi formulir pendaftaran agar bisa mengakses situs tersebut.

Selain portal di atas, ada juga yang bisa kalian kunjungi semisal portal.paseban.com
Selamat Belajar yaaa. Sukses selalu!!!

Belajar Soal UN Secara Online

24 Mar 2013

Informasi SBMPTN Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah

Informasi SBMPTN Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/informasi-sbmptn-buat-kalian-yang-ingin-melanjutkan-ke-jenjang-kuliah.html

Bulang, 24 Maret 2013. Perguruan tinggi negri semakin menjadi favorit bagi para pelajar yang ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang perkuliahan. Kenapa mereka lebih memilih perguruan tinggi negri dibandingkan swasta, salah satu jawabannya adalah biaya perkuliahannya lebih murah dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta.

Meski dibilang lebih murah, namun banyak juga diantara pelajar yang ingin meneruskan pendidikannya namun tidak bisa melanjutkan dengan alasan tidak adanya biaya untuk masuk perguruan tinggi negri. Meskipun demikian, jika diantara para pelajar itu ada niat dan keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikannya, maka tidak menutup kemungkinan, semua upaya yang dilakukannya akan berbuah hasil dan mengantarkannya berhasil masuk di perguruan tinggi yang diinginkannya. 

Adapun upaya yang dilakukannya seperti mengikuti tes masuk perguruan tinggi negri, atau juga melalui jalur prestasi. Namun upaya tersebut tidak mudah begitu saja bisa diraihnya, sebab harus bersaing dengan banyak pelajar dari daerah lain yang juga ingin mendapatkan kursi bangku kuliah di perguruan tinggi. Tapi jangan berkecil hati dulu bagi kalian yang kemaren sudah mendaftar SNMPTN dan ternyata tidak lulus, kini ada sedikit informasi Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah.

Kalian, para pelajar lulusan UN SMA/SMK/MA tahun 2011 dan 2012 bisa mengikuti jalur SBMPTN yakni seleksi bersama masuk perguruan tinggi negri. SBMPTN ini diluncurkan pada tanggal 15/03/2013. Sistem ini berbasis seleksi hasil ujian tertulis dan terbuka bagi siswa yang lulus UN pada tahun 2011 dan 2012 serta bagi siswa yang tak berhasil memperoleh kursi di PTN melalui SNMPTN. 
Pendaftaran untuk SBMPTN baru akan dibuka pada 13 Mei mendatang dan ditutup pada 7 Juni. Sementara itu, ujian seleksi ini sendiri akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada 18-19 Juni. Sistem tersebut dibuka untuk memfasilitasi siswa yang tak lolos SNMPTN tahun lalu atau tahun ini dan juga siswa yang ingin pindah kampus, seperti yang dikatakan oleh Akhmaloka (Ketua Umum Panitia SBMPTN) saat peluncuran SBMPTN di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (15/3/2013). 

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menjelaskan bahwa berbeda dengan tahun 2012, peserta ujian tertulis kali ini dapat memilih tiga program studi dengan tiga kelompok ujian yang disediakan. Jika pada tahun lalu tiga kelompok tersebut adalah IPA, IPS, dan IPC, maka kali ini terdiri dari kelompok Sains-Teknologi, kelompok Sosial-Humaniora, dan kelompok campuran. 

Untuk biaya pendaftarannya dipatok sebesar Rp 175.000 untuk kelompok sains-teknologi dan kelompok sosial-humaniora, sementara untuk kelompok campuran dibanderol lebih mahal dengan biaya sebesar Rp 200.00.

Demikian sedikit Informasi SBMPTN Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah

Informasi SBMPTN Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah

23 Mar 2013

Pengertian BIMAS ISLAM PENAMAS

Mengetahui Pengertian Istilah BIMAS ISLAM PENAMAS 


Bulang, 23 Maret 2013. Istilah BIMAS ISLAM PENAMAS bisa kita ketahui di sebuah instansi negara yakni Kementrian Agama (KEMENAG) baik itu di pusat ataupun di tingkat daerah. BIMAS merupakan singkatan dari Bimbingan masyarakat, sedangkan PENAMAS adalah singkatan dari Bidang Pendidikan Agama Islam Pada Masyarkat Dan Pemberdayaan Masjid.

Jadi PENAMAS bisa dikatakan sebagai salah satu Unit Uerja Kementrian Agama yang berorientasi pada masyarakat islam. Untuk lebih mengetahui lagi apa itu PENAMAS, dan apa saja fungsinya, berikut keterangannya :
Sebagaimana yang telah dijelakan tadi bahwa PENAMAS merupakan salah satu unit kerja dari Kementrian Agama tepatnya adalah sebagai Bidang Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat dan Pemberdayaan masjid mempunyai tugas melaksanakan pelayanan dan bimbingan di bidang penyelenggaraan pendidikan agama Islam pada Masyarakat dan Pemberdayaan Masjid sesuai dengan KMA NO. 373 TAHUN 2002 Pasal 39. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 39, Bidang Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat dan Pemberdayaan Masjid menyelenggarakan fungsi :
  • Penjabaran dan pelaksanaan kebijakan teknis dibidang pendidikan Al-Qur’an dan Musabaqah Tilawatil Qur’an, penyuluhan dan lembaga dakwah, siaran dan tamaddun, publikasi dakwah, dan hari besar Islam serta pemberdayaan masjid 
  • Penyiapan bahan dan pelaksanaan pelayanan dan bimbingan di bidang pendidikan agama Islam pada masyarakat dan pemberdayaan masjid
Bidang Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat dan Pemberdayaan Masjid terdiri dari :
  1. Seksi Pendidikan Al Quran dan MTQ (Pelayanan & bimbingan di bidang Ketenagaan, Bina Sarana, Materi & metode pada lembaga Dakwah). 
  2. Seksi Penyuluhan dan Lembaga Dakwah 
  3. Seksi Siaran Tamaddun (Pelayanan & bimbingan di bidang Siaran Agama, Seni Keagamaan dan Museum Keagamaan). 
  4. Seksi Publikasi Dakwah dan Hari Besar Islam (Pelayanan & bimbingan di bidang Naskah & Rekaman, HBI, Kitab & Pustaka Keagamaan). 
  5. Seksi Pemberdayaan Masjid (Pelayanan & bimbingan di bidang Pemberdayaan fungsi dan Manajemen Masjid).

RENCANA KEGIATAN PENAMAS KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SIDOARJO

Pada tahun 2012 lalu PENAMAS KEMENAG Kabupaten Sidoarjo mempunyai rencana kegiatan sebagai berikut : 

1. Mengadakan Pendataan Potensi Qori’ Qori’ah MTQ 
2. Pembinaan Pemberdayaan Pembina MTQ 
3. Pembinaan Qori Qori’ah Calon Kafilah 
4. Registrasi / Pendataan dan Akreditasi TPQ 
5. Pembinaan Guru TPQ 
6. Pembinaan Manajemen TPQ 
7. Festifal dan Gebyar Kreatifitas TPQ 
8. Pembinaan Penyuluh Agama Honorer 
9. Peningkatan Kualitas SDM Penyuluh Agama Fungsional 
10. Honorarium dan Bantuan Tunjangan Penyuluh Honorer 
11. Orientasi dan Konsultasi Masalah keagamaan di 18 Kec. se- Kabupaten 
12. Lomba Penyuluh Teladan 
13. Pengiriman Peserta Lomba Penyuluh 
14. Pengefektifan dan menghidupkan FKLD di masing-masing kecamatan 
15. Pendataan Manjlis Taklim 
16. Pemberdayaan majlis taklim dengan pembentukan PERMATA LADA 
17. Sosialisasi kesehatan reproduksi remaja (KRR) 
18. Kultum & Mudzakaroh 
19. Penyluhan Jelang Buka Puasa di RSPK 
20. Bina remaja dan Keluarga Islami di RSPK 
21. Bimbingan dan Pendidikan Siarmad dan Publikasi Dakwah 
22. Siaran dakwah : Kuliah Subuh dan Siraman Rohani di awang-awang FM 
23. Siaran dakwah : Kuliah Subuh dan Siraman Rohani di radio Delta FM 
24. Pembinaan daan Pemberdayaan Seni Islami 
25. Penyediaan Materi Penyuluhan berupa bulletin 
26. Penyediaan materi Penyuluhan beruppa bulletin jum;at 
27. Penerbitan buku khutbah dan naskah do’a – do’a penting formal 
28. Penyediaan materi penyuluhan berupa bulletin 
29. Dakwah dengan tulisan 
30. Peringatan Hari Besar Islam 
31. Pendataan Masjid 
32. Pembinaan Imam dan Khotib 
33. Pemutakhiran data langgar dan musholla 
34. Pembinaan remaja masjid 
35. Pembinaan perpus masjid 
36. Road of Duty Pembinaan Takmir Masjid

Semoga bermanfaat. 

BIMAS ISLAM PENAMAS 

TPQ AL - HIDAYAH DESA BULANG

TPQ AL - HIDAYAH DESA BULANG

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/tpq-al-hidayah-desa-bulang.html
Bulang, 23 Maret 2013. Satu lagi Taman Pendidikan Al-Qur'an yang ada di Desa Bulang selain TPQ Bau Arum dan TPQ Al-Mujahadah, yakni bernama TPQ AL-HIDAYAH, tepatnya beradi di Dusun Gempolegi RT.01 RW.08 Desa bulang, Kecamatan Prambon, Kabupatn Sidoarjo. Taman pendidikan Al-Qur'an yang telah berdiri sejak tahun 2009 lalu hingga kini masih beroprasi sebagai tempat mengajinya anak - anak Dusun Gempolegi.

TPQ AL-HIDAYAH mempunyai setidaknya dua metode pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar setiap harinya, yakni At-Tartil dan Marhallah. At-Tartil terbagi menjadi enam kelas, sedangkan untuk marhallah terdiri dari dua kelas yang mempunyai jumlah santriawan/santriawati sebanyak 50 orang dan masing - masing kelas metode tersebut mempunyai tenaga pengajar (ustadz/Ustadzah). 

RENCANA PENGAJUAN ANGGARAN TPQ AL - HIDAYAH 

Pada tahun 2013 ini, pengurus TPQ AL-HIDAYAH berencana mengajukan anggaran ke KEMENAG  yang mana dalam hal ini akan berhubungan langsung dengan BIMAS PENAMAS Sidoarjo. Adapun tujuan pengajuan anggaran ini tidak lepas dari rencana pembinaan PENAMAS KEMENAG Kabupaten Sidoarjo terhadap TPQ yang berada di semua wilayah.

rencana tersebut masih dalam tahap pelaksanaan dan masih melengkapi semua persyaratan untuk kemudian diharapkan mendapat persetujuan dari pihak DEPAG guna merelisasikan rencana pengurus TPQ Al-HIDAYAH.

Dari rencana ini diharapkan bisa memajukan sistem pengajaran terhadap siswa didik sekaligus mendapatkan pembinaan langsung dari DEPAG Kabupaten sidoarjo, sehingga pada akhirnya bisa memunculkan siswa didik yang berguna khususnya bagi desa dan berguna bagi bangsa indonesia dalam bidang keagamaan.

TPQ AL - HIDAYAH DESA BULANG



Bagaimana Cara Modifikasi Header Blogspot Bagi Pemula

Bagaimana Cara Modifikasi Header Blogspot Bagi Pemula

Bulang, 16 Maret 2013. Selamat datang di situs kami untuk melanjukan membaca artikel tentang dasar - dasar modifikasi template blogspot. Jika sebelumnya kalian sudah membaca artikel dasar - dasar modifikasi layout blogspot bagi pemula, kini saatnya kita belajar satu persatu untuk bisa memperindah tampilan blogspot.

Sesuai dengan judul artikel di atas, langsung saja kita membahasnya secara gamblang dan mudah bagaimana cara modifikasi header blogspot bagi pemula.

Tutorial kali ini kurang lebih sebagai berikut :
Memberi atau mengganti header blogspot dengan gambar sendiri.

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/bagaimana-cara-modifikasi-header-blogspot-bagi-pemula.html

Contoh kita akan memberi header dengan gambar seperti di atas. 
caranya adalah sebagai berikut :

Modifikasi Header Blogspot Dengan Gambar Sendiri

>>> Pertama : Masuk Dashbor Blogspot Kita
>>> Ke dua : Pilih templat ===> Edit 
>>> Ketiga : Centang tulisan Expand Template Widget

Kemudian cari kode #header-wrapper
silahkan tambahkan dengan url gambar kalian sendiri setelah kode tersebut!!!.

contoh kita akan memberi header dengan url gambar di atas, maka akan seperti ini :

#header-wrapper{background:url(http://i1207.photobucket.com/albums/bb470/Tarunabhakti/outerheder
zps31632688.png);width:950px;height:190px;margin:0 auto}

Keterangan : ganti tulisan yang berwarna merah dengan url gambar kalian sendiri
jika sudah, klik simpan template atau pratinju dulu sebelum menyimpannya.
Dan lihat hasilnya.

sebelum,
sesudah,  
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/bagaimana-cara-modifikasi-header-blogspot-bagi-pemula.html

Semoga artikel berjudul bagaimana cara modifikasi header blogspot ini bermanfaat  

Bagaimana Cara Modifikasi Header Blogspot Bagi Pemula 

 

Mengintip Sedikit Kesibukan Anggota Dewan Dari Desa Bulang Abdul Kholik

Mengintip Sedikit Kesibukan Anggota Dewan Dari Desa Bulang Abdul Kholik

Bulang, 22 Maret 2013. Setelah meluangkan sedikit waktu beselancar di dunia maya hanya sekedar ingin mencari informasi, tiba-tiba muncul inspirasi untuk menulis satu artikel yang mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya terlebih bagi warga desa bulang pada khususnya. 

Dari artikel ini diharapkan mampu memberikan sedikit pengetahuan atau jawaban atas pertanyaan yang berasal dari warga desa (Bulang), dimana salah satu warganya sampai saat ini masih menduduki jabatan sebagai anggota dewan di kabupaten sidoarjo, tepatnya menjabat sebagai wakil ketua DPRD Kabupaten sidoarjo dari fraksi PKB (FPKB). 

Pertanyaan yang sering muncul dan terdengar ditelinga mayoritas warga desa adalah tentang kinerja anggota dewan tersebut, "apa saja yang dilakukan selama menjabat sebagai wakil DPRD kabupaten sidoarjo?" Dari hasil berselancar lewat dunia maya, akhirnya penulis memberanikan diri dan memutuskan untuk berbagi informasi terkait pertanyaan tersebut yang sering mencuat khususnya di desa bulang.

Mengintip Sedikit Kesibukan Anggota Dewan Dari Desa Bulang
Sebelumnya, ada baiknya kalau kita ketahui bahwa Bapak Abdul Khaliq adalah salah satu anggota dewan yang menjabat sebagai WAKIL KETUA DPRD Sidoarjo dari fraksi partai kebangkitan bangsa (FPKB) yang menempati daerah pemilihan IV sidaoarjo yakni Balongbendo, Tarik, Krian dan Prambon.
Jika kita ingin mengetahui kesibukan beliau, perlu kiranya penulis memberikan informasi sedikit seperti gambar di bawah ini :

Gambar di atas diambil dari website resmi DPRD Kabupaten Sidoarjo
#Pertama
Sedikit penjelasan dari apa yang tertulis di atas yakni kesibukan Bapak Abdul Khaliq selain sebagai Wakil DPRD Kabupaten sidoarjo, tanpaknya beliau mempunyai kepedulian terhadap PKL yang ada di daerah sidoarjo dan sekitarnya. Sebagaimana cuplikan dari pernyataanya, bahwa pentingnya sinergitas antar Satuan kerja Perangkat Desa (SKPD) dalam penataan PKL, Beliau berkata :“PKL itu memberi manfaat ke masyarakat umum, mau tidak mau terkait keberadaannya harus di kelola dengan baik. Perspektifnya bukan penertiban tapi penataan”.

Terkait konsep penataannya, menurut beliau kuncinya pada sinergitas SKPD terkait karena dimensi penataan PKL menyangkut tupoksi yang berbeda beda baik terkait kewilayahan, fungsi dan teknis penataannya. “Konsep penataan harus hasil sinergitas SKPD biar penataannya bisa teraplikasi dilapangan”

#Kedua
Ternyata beliau juga mempunyai strategi bisnis yang bagus. jika kita memperhatikan tulisan baris ketiga dari gambar diatas, beliau menginginkan adanya kenaikan pajak rekalame mengingat di sidoarjo semakin berpotensi dilirik oleh para investor. Dengan rencana kenaikan pajak reklame sebesar 28,42 persen, diharapkan pendapatan reklame pada tahun 2010 mencapai Rp. 6,1 miliar sehingga lebih besar pemasukannya dibandingkan pada tahun 2009 yakni sebesar Rp. 4.75 miliar.

selain kedua penjelasan di atas sudah barang tentu ada lagi kesibukan beliau yang tentunya berada di luar pengetahuan penulis.

tetapi yang erpenting dari kedua kesibukan yang telah kita ketahui di atas, menunjukkan bahwa, kinerja anggota dewan berasal dari desa bulang ini memiliki peran penting demi kesejahteraan masyarakat kabupaten sidoarjo pada umumnya. Namun demikian apakah beliau juga mempunyai peran penting di desanya (bulang) sendiri???.... semoga diantara kesibukannya yang demikian tadi juga berdampak buat warga desa bulang. semoga.

Mengintip Sedikit Kesibukan Anggota Dewan Dari Desa Bulang, Abdul Kholik

sumber :
http://dprd-sidoarjokab.go.id/
http://dprd-sidoarjokab.go.id/abd-kholiq-penataan-pkl-tergantung-sinergitas-skpd.html
http://dprd-sidoarjokab.go.id/target-pad-dari-reklame-akan-ditingkatkan.html

17 Mar 2013

Cara Modifikasi Header Blogspot Dengan Dua Kolom sidebar Bagi Pemula

Cara Modifikasi Header Blogspot Dengan Dua Kolom sidebar Bagi Pemula

Bismillahirrahmaanirrahiim.
Bulang, 16 Maret 2013. Syukur alhamdulillah setelah kita belajar sedikit tentang cara modifikasi header dengan gambar sendiri, Masih berkaitan dengan modifikasi header, kini kita akan mulai belajar lagi tentang cara modifikasi header blogspot dengan dua kolom sidebar.

Memang capek bila terus terpaku untuk selalu memperindah tampilan blogspot kita?.... Tapi semua itu pasti bisa teratasi dengan adanya kemauan yang kuat. Jangan menyerah dulu. Ok. Kita langsung fokus saja pada pembahasan!!!

Perhatikan gambar di bawah ini :

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/cara-modifikasi-header-blogspot-dengan-dua-kolom-sidebar-bagi-pemula.html


Cara Modifikasi Header Blogspot Dengan Dua Kolom


Langkahnya sebagai berikut :
>>> Masuk dashbor blogspot ===> template
>>> Centang pada tulisan Expand Template Widget
>>> Cari kode ]]></b:skin> ( tekan Ctrl + F pada keyboard untuk memudahkan pencarian )
Jika sudah ketemu tambahkan kode berikut :

Dan taruh di atas kode ]]></b:skin>

>>> Selanjutnya cari kode seperti di bawah ini :


Jika sudah ketemu, letakkan di bawahnya kode berikut ini :

Perlu di ketahui bahwa setiap template tidak selau sama, silahkan kalian bereksplorasi sendiri.

>>>Jika sudah, pratinju dulu untuk antisipasi terjadinya kegagalan.
>>>Jika tidak ada masalah silahkan tekan simpan template


Cara Modifikasi Header Blogspot Dengan Dua Kolom sidebar Bagi Pemula

Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat!!!

Dasar - Dasar Modifikasi Layout Blogspot Bagi Pemula

Dasar - Dasar Modifikasi Layout Blogspot Bagi Pemula

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/dasar-dasar-modifikasi-layout-blogspot-bagi-pemula.html
Bulang, 16 maret 2013. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada pembaca sebab berkenan mampir sekedar ingin belajar dasar - dasar blogspot. Setelah sebelumnya kami menulis artikel tentang bagaimana memahami tampilan dashbor blogspot, kini saatnya kita mulai belajar dasar - dasar modifikasi layout (tata letak) blogspot, yang nantinya akan berpengaruh pada tampilan blog kita sesungguhnya. Sehingga dengan sedikit modifikasi ini para pengunjung diharapkan bisa tertarik dan kerasan mengunjungi blog kita. 

Sebenarnya jika kita berbicara mengenai modifikasi layout atau tata letak dari blog, sangat banyak sekali tutorial yang bisa kita pelajari secara otodidak dengan bantuan mbah google. dengan syarat ada niat dan kemauan keras serta tidak patah semangat ketika mengalami kegagalan dalam mengaplikasikan tutorialnya.

Baiklah di sini kami coba membantu kepada kalian yang mungkin tertarik membutuhkan tutorial dasar - dasar memodifikasi layout (tata letak) blogspot. Ada baiknya jika di kategorikan terlebih dahulu tutorial tersebut sesuai dengan kebutuhan dari segi mana kita akan memodifikasi blogspot milik kita.

Dasar - Dasar Modifikasi Layout Blogspot

Pada dasarnya sangat mudah sekali jika dari awal kita memahami dengan seksama apa saja dan bagaiamana tampilan tata letak dalam dashbor blogspot itu sendiri, di situ kita pasti akan menemui istilah sebagai berikut :

>>> Header Blogspot
>>> Judul Header Blogspot
>>> Deskripsi Judul Blogspot
>>> Navbar
>>> Favicon
>>> Blog Posts (Area Postingan)
>>> Sidebar (tambahkan gadget) dan biasanya langsung terdapat tulisan HTML/JavaScript
>>> Adseen

Istilah di atas biasanya terdapat dalam layout dashbor blogspot, dan yang sering menjadi pertanyaan para blogger pemula adalah :
  1. bagaimana cara modifikasi header blogspot
  2. bagaimana cara modifikasi judul blogspot
  3. bagaimana cara modifikasi diskripsi judul blogspot
  4. bagaimana cara modifikasi navbar blogspot
  5. bagaimana cara modifikasi / mengganti logo favicon blogspot dengan logo sendiri
  6. bagaimana cara modifikasi  tampilan postingan blogspot
  7. bagaimana cara modifikasi  Sidebar blogspot
  8. bagaimana cara memanfaatkan atau mendaftar google adseen
Pertanyaan di atas adalah sebagian dari kebutuhan blogger pemula, dan masih banyak pembagiannya lagi dari setiap pertanyaan di atas, tapi kita coba pahami dulu sedikit demi sedikit.

Perlu digaris bawahi jika kita ingin memodifikasi layout yang nantinya akan berpengaruh pada perubahan tampilan utama blogspot kita, adalah bagaimana kita berani sekaligus berhasil mengutak - atik (bhs.jowo) Css, Html, javascript yang ada dalam pengaturan template blogspot kita

Oke dari pada berbelit belit membaca, langsung saja kita mencoba membahas satu persatu pertanyaan dari Istilah di atas secara terperinci. silahkan mulai melanjutkan membaca Bagaimana Cara Modifikasi Header Blogspot Bagi Pemula

Dasar - Dasar Modifikasi Layout Blogspot Bagi Pemula


Mengatur, menambahkan, dan memahami Halaman Blogspot bagi pemula

Mengatur, menambahkan, dan memahami Halaman Blogspot bagi pemula

Bulang, 15 Maret 2013. Sedikit demi sedikit pemahaman tentang tampilan blogspot pada artikel - artikel sebelumnya anggap saja sudah kita kuasai. Kita lanjutkan untuk sedikit memahami tampilan halaman (Laman) pada dashbor blogspot.

Laman (Page) yang terdapat dalam tampilan dashbor blogspot kita, biasanya berfungsi untuk menambhakan menu pada halaman depan tampilan blogspot yang sudah kita buat. contohnya seperti ini :

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/mengatur-menambahkan-dan-memahami-halaman-blogspot-bagi-pemula.html

Perhatikan area yang ada di kotak warna pink di atar, itu adalah tampilan laman (page) yang telah kita atur, atau tambahkan pada pengaturan Laman dashbor blogspot kita.


Mengatur, menambahkan, dan memahami Halaman Blogspot bagi pemula

Untuk bisa membuat serta mengaturnya silahkan menuju ke dashbor blogspot anda, dan klik tombol Laman seperti pada gambar di bawah ini : 
 


http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/mengatur-menambahkan-dan-memahami-halaman-blogspot-bagi-pemula.html

>>> Pertama lihat kotak hijau 
Dengan tombol itu kita akan di arahkan untuk membuat halaman kosong, atau membuat halaman yang langsung menuju ke Website (milik sendiri atau punya orang lain). 

>>> Kedua lihat kotak biru 
Setelah menekan salah satu pilihan dan membuat sebuah halaman maka akan tampil pada halaman dashbor blogspot kita seperti tampak pada kotak berwarna biru

>>> Ketiga lihat kotak pink
Kemudian untuk mengatur penempatannya silahkan klik tulisan pada kotak berwarna pink dan silahkan sesuaikan dengan keinginan anda.

Sekian sedikit yang bisa dibagikan kepada pembaca, selebihnya silahkan baca artikel terkait lainnya.
NB: agar bisa menambah, dan mengatur laman blogspot hendaknya diperhatikan dengan teliti supaya bisa dapat hasil maksimal.

Mengatur, menambahkan, dan memahami Halaman Blogspot bagi pemula

16 Mar 2013

Memahami Tampilan Dashbor Blogspot Bagi Pemula, Blogger.com

Memahami Tampilan Dashbor Blogspot Bagi Pemula, Blogger.com

Bulang, 14 Maret 2013. Setelah sedikit memahami tampilan awal blogspot, perlu kiranya kini kita memahami tampilan dashbor blogspot yang sudah kita buat. Jika kalian masih bingung apa itu dashbor, dan dari pada bingung-bingung menjelaskannya, coba perhatikan saja gambar di bawah ini :

www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com

Tampilan Dashbor Blogspot Bagi Pemula

>>> : Perhatikan tulisan yang ada dalam lingkaran merah di atas : 
Secara singkat penjelasan dari tulisan itu adalah sebagai berikut :

1. Ikhtisar
Berisi tentang informasi statistik penayangan blog kita seperti yang tampak di sebelah kanan lingkaran merah.
www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com


2. Pos
berisi tentang artikel atau tulisan - tulisan blog yang sudah atau akan kita postingkan.
www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com


3. Laman
atau sering disebut juga dengan halaman (page). Laman ini berfungsi apabila kita menambahkan beberapa halaman statis lain untuk blogspot kita. 
www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com

4. Komentar
berisi tentang semua komentar dari pengunjung blog kita yang mana setelah mereka membaca artikel postingan kita, biasanya mereka menuliskan komentar untuk artikel tersebut. Semua komentar itu akan masuk dan bisa dilihat opsi komentar ini.

5. Google +
Pada tampilan dashbor blogspot yang terbaru ini adalah adanya opsi Google +, yaitu berisi tentang informasi google + kita.
www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com


6. Statistik
ialah berisi tentang semua penayangan dari beberapa rujukan dan penggunaan kata kunci blogspot kita.
www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com


7. Penghasilan
ini adalah informasi tentang penghasilan yang kita dapatkan dari googe adseen
www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com


8. Tata Letak (layout)
ialah berisi tentang tata letak (layout) yang menentukan tampilan mulai dari postingan artikel, header, sampai widget yang kita kelola sendiri sesuka hati.
www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com


9. Template
ialah berfungsi untuk mengatur desain dari tampilan blogspot kita dan juga untuk mengatur sekaligus mengedit kode HTML dari template bawaan blogspot itu sendiri.
www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com


dan
10. Setelan 
adalah berisi tentang, setelan dasar, pos dan komentar, seluler dan email, format bahasa dan zona waktu, prefrensi penelusuran, dan juga setelan lainnya.
www.karangtarunabhaktibulang.blogspot.com

Selain sepuluh keterangan di atas, lihat pada lingkaran biru. Itu adalah opsi tombol yang meumudahkan kita untuk langsung menulis artikel, melihat semua entry artikel dan juga untuk melihat lagsung tampilan blogspot kita dalam browser.

Sedikit penjelasan diatas adalah sedikit apa yang bisa dibagikan kepada pembaca khususnya blogger pemula. Semoga bermanfaat!!!

sekian 

Memahami Tampilan Dashbor Blogspot Bagi Pemula, Blogger.com

Memahami Lembar kerja Postingan blogspot bagi pemula

Memahami Lembar kerja Postingan blogspot bagi pemula

Bulang, 15 Maret 2013. Setelah menjelaskan bagaimana memahami sepintas tentang tampilan awal blogspot dan juga tampilan dashbor blogspot, kini coba kita belajar memahami lembar kerja postingan blogspot bagi  pemula yang baru membuat blog dan ingin menulis artikel pedananya.

Dari pada terlalu lama membaca, mending langsung saja perhatikan gambar komponen yang ada dalam postingan blog di bawah ini :

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/memahami-lembar-kerja-postingan-blogspot-bagi-pemula.html

Memahami Lembar kerja Postingan blogspot bagi pemula


>>> Perhatikan area yang dilingkari kotak merah !!!
Itu adalah area dimana kita akan mengetikkan artikel bebas sesuka hati kita.

>>> Perhatikan area yang dilingkari kotak hijau !!!
fungsi dari kedua opsi itu adalah : jika kita meimilih "Compose", maka kita bisa menulis dalam mode sembarang, tetapi jika memilih "HTML", maka kita bisa mengetikkan tulisan sekaligus memasukkan script ke dalamnya.

>>> Perhatikan area yang dilingkari kotak Pink !!!
ialah berfungsi apabila kita menghendaki memasukkan gambar (image), menambahkan Link dalam tulisan kita, mengatur perataan text, memberi bullet dan numbering.

>>> Perhatikan area yang dilingkari kotak Biru !!!
ialah befungsi untuk menentukan label artikel kita, contoh bila kita ingin menulis artikel berkaitan dengan handphone, maka kita bisa memberi label gadget atau handphone, dan lain sebagainya.
dalam area tersebut kita bisa juga mengatur jadwal, kapan artikel ini diterbitkan, memberi tautan link, menentukan lokasi, sekaligus memberikan deskripse artikel yang hendak kita publikasikan.

Terakhir, jika kita sudah memahami komponen lembar kerja postingan blogspot, silahkan menulis artikel sesuai kebutuhan anda. Apabila ingin mempublikasikan hasil tulisan anda, tinggal klik tombol "Publikasikan" yang ada di atas kotak pink di atas.

Sekian!!! silahkan baca artikel tentang tutorial blog lainnya.

Memahami Lembar kerja Postingan blogspot bagi pemula

Memahami Tampilan Blogspot Bagi Pemula : blogger.com

Memahami Tampilan Blogspot Bagi Pemula : blogger.com

Bulang, 14 Maret 2013. Setelah membuat sebuah blog (Blogspot) di www.blogger.com, tidak menutup kemungkinan bagi "blogger pemula" mengalami kesulitan memahami tampilan awal blogger. 

Jika memang ada diantara kalian, Blogger pemula merasakan hal itu, silahkan perhatikan sedikit penjelasan di bawah ini :

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/memahami-tampilan-blogspot-bagi-pemula.html

Untuk memahami tampilan blogspot untuk pertama kalinya, ada baiknya kita perhatikan dengan detail bagian-bagiannya.

Memahami Tampilan Blogspot Bagi Pemula : blogger.com

# Lihat Lingkaran Nomor 1
Itu adalah tampilan dari nama Judul Blog yang sudah kita buat sebelumnya. Itu merupakan sebuah link dan jika kita klik tulisan tersebut maka kita akan di alihkan ke tampilan seperti berikut ini :

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/memahami-tampilan-blogspot-bagi-pemula.html
ini adalah tampilan Dashbor dari blog kita.

# Lihat Lingkaran Nomor 2
Disitu kita diberikan opsi berupa 4 (empat) tombol logo yang masing - masing  mempunyai fungsi diantaranya adalah tombol untuk menulis artikel (posting) langsung, melihat semua entry (artikel yang sudah ada), pilihan pengaturan blog (Dashbor), dan juga tombol untuk melihat blog kita secara langsung.

# Lihat Lingkaran Nomor 3
Jika kita klik tombol segitiga yang seperti tampil di lingkaran itu, kita akan mendapati tampilan seperti ini :
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/memahami-tampilan-blogspot-bagi-pemula.html

untuk penjelasannya kalian bisa membacanya di artikel Memahami Tampilan Dashbor Blogspot Bagi Pemula.

# Lihat Lingkaran Nomor 4
Jika Kita, sebagai Blogger Pemula sudah Memahami Tampilan Blogspot, kalian bisa keluar (log out) dengan menekan tombol pada lingkaran nomor empat di atas.

Demikian sekiranya yang bisa kami bagikan kepada pembaca khususnya bagi blogger pemula, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.

Setelah Memahami Tampilan Blogspot Bagi Pemula : blogger.com >>> Lanjutkan membaca artikel Memahami Tampilan Ikhtisar Blogspot Bagi Pemula.

Pelayanan Jamkesmas Dinas Kesehatan Sidoarjo

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/pelayanan-jamkesmas-dinas-kesehatan.html
Bulang, 14 Maret 2013. Jaminan kesehatan masyarakat (JAMKESMAS) merupakan program pelayanan kesehatan yang dibiayai APBN yang bertujuan meningkatkan akses mutu pelayanan kesehatan terhadap seluruh masyarakat supaya tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal secara efisien dan efektif. 


http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/pelayanan-jamkesmas-dinas-kesehatan.htmlPemberian layanan kesehatan dilakukan dengan cara yang mudah, ramah dan professional. pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel serta pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Selain pengertian Jamkesmas, sebaiknya kita mengerti juga definisi Jamkesda. Ialah program pelayanan masyarakat miskin non kuota dan non miskin yan dibiayai dana sharing (patungan) 50% dana propinsi dan 50% dana daerah. Dalam hal ini adalah Sidoarjo.

Untuk terlaksananya perencanaan program pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten sidoarjo, maka diatur sedemikian rupa sebagai berikut :
  • Peserta program pelayanan kesehatan yang dijamin pemerintah propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Sidoarjo (Jamkesda) adalah setiap penduduk miskin (kuota dan non kuota) dan non miskin kabupaten Sidoarjo, yang memiliki KTP dan KSK termasuk bayi baru lahir. 
  • Kepesertaan Jamkesmas dan Jamkesda ditetapkan dalam keputusan bupati Sidoarjo. 
  • Masyarakat miskin kuota akan diberikan kartu peserta Jamkesmas, sedangkan masyarakat miskin non kuota yang telah ditetapkan dalam surat keputusan bupati Sidoarjo, akan diberikan kartu peserta Jamkesda yang dikeluarkan propinsi Jawa Timur. 
  • Tempat pelayanan kesehatan adalah di puskesmas dan jaringannya yaitu puskesmas pembantu puskesmas keliling, polindes, serta ponkesdes. 
  • Pelayanan kesehatan rujukan adalah di kelas III rumah sakit umum daerah kabupaten Sidoarjo, rumah sakit propinsi, dan UPT Dinas kesehatan propinsi jawa timur
Selain ketentuan di atas, ada juga permasalahan dalam pelayanan JAMKESDA di Sidoarjo, antara lain :
  • Pasien tidak sesuai prosedur dan tidak terbukti miskin 
  • Pasien tidak sesuai kriteria miskin, tapi beralasan banyak biaya 
  • Pasien kecelakaan tidak miskin dan tidak mau mengurus jasa raharja 
  • Pasien kecelakaan kerja, perusahaan tidak menangung biaya perawatan 
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) mati 
  • Pasien Tidak terdaftar dalam KSK Pasien hanya minta rujukan administrasi 
  • Pasien masuk dengan status umum lalu minta miskin 
  • Pasien sudah meninggal beberapa hari, baru dimintakan SPM 
  • Pasien dirawat di kelas 1 namun minta miskin dan verifikasi sulit.
Dengan adanya ketentuan dan permasalahan di atas, diharapkan ada penilaian masyarakat khusunya mereka yang tergolong dalam ketentuan masyarakat yang memang memperoleh hak pelayanan JAMKESDA dinas kesehatan Sidoarjo. Agar tidak ada pihak yang dirugikan dan tetap bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan baik.

Pelayanan Jamkesda Dinas Kesehatan Sidoarjo, Pelayanan Jamkesmas Dinas Kesehatan Sidoarjo.

Pengertian Jamkesmas Dan Tujuannya


Pengertian Jamkesmas Dan Tujuannya : Karang Taruna Bulang

Bulang, 14 Maret 2013Jaminan kesehatan masyarakat (JAMKESMAS) merupakan program pelayanan kesehatan yang dibiayai APBN. Jamkesmas adalah sebuah program jaminan kesehatan untuk warga Indonesia yang memberikan perlindungan sosial dibidang kesehatan untuk menjamin masyarakat miskin dan tidak mampu yang iurannya dibayar oleh pemerintah agar kebutuhan dasar kesehatannya yang layak dapat terpenuhi.Program ini dijalankan oleh Departemen Kesehatan sejak 2008.
Program ini diselenggarakan secara nasional dengan tujuan untuk :
  1. mewujudkan portabilitas pelayanan sehingga pelayanan rujukan tertinggi yang disediakan Jamkesmas dapat diakses oleh seluruh peserta dari berbagai wilayah; 
  2. agar terjadi subsidi silang dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat miskin
Pada tahun 2009 program ini mendanai biaya kesehatan untuk 76,4 juta penduduk, jumlah ini termasuk sekitar 2,650 juta anak terlantar, penghuni panti jompo, tunawisma dan penduduk yang tidak memiliki kartu tanda penduduk.

Peserta yang dijamin dalam program Jamkesmas tersebut meliputi :
  1. Masyarakat miskin dan tidak mampu yang telah ditetapkan dengan keputusan Bupati/Walikota mengacu pada: 1) Data masyarakat miskin sesuai dengan data BPS 2008 dari Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) yang telah lengkap dengan nama dan alamat yang jelas (by name by address). 2) Sisa kuota: total kuota dikurangi data BPS 2008 untuk kabupaten/kota setempat yang ditetapkan sendiri oleh kabupaten/kota setempat lengkap dengan nama dan alamat (by name by address) yang jelas. 
  2. Gelandangan, pengemis, anak dan orang terlantar, masyarakat miskin yang tidak memiliki identitas. 
  3. Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) yang tidak memiliki kartu Jamkesmas. 
  4. Masyarakat miskin yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1185/Menkes/SK/XII/2009 tentang Peningkatan Kepesertaan Jamkesmas bagi Panti Sosial, Penghuni Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara serta Korban Bencana Pasca Tanggap Darurat. Tata laksana pelayanan diatur dengan petunjuk teknis (juknis) tersendiri sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1259/Menkes/SK/XII/2009 tentang Petunjuk Teknis Pelayanan Jamkesmas Bagi Masyarakat Miskin Akibat Bencana, Masyarakat Miskin Penghuni Panti Sosial, dan Masyarakat Miskin Penghuni Lembaga Pemasyarakatan serta Rumah Tahanan Negara 
  5. Ibu hamil dan melahirkan serta bayi yang dilahirkan (sampai umur 28 hari) yang tidak memiliki jaminan kesehatan 
  6. Penderita Thalassaemia Mayor yang sudah terdaftar pada Yayasan Thalassaemia Indonesia (YTI) atau yang belum terdaftar namun telah mendapat surat keterangan Direktur RS sebagaimana diatur dalam Petunjuk Teknis Jaminan Pelayanan Pengobatan Thalassaemia

Sekian artikel tentang pengertian jamkesmas dan tujuannya yang bisa kami bagi kepada pembaca semoga bermanfaat.
Pengertian Jamkesmas Dan Tujuannya : Karang Taruna Bulang

Sumber : Wikipedia

8 Mar 2013

Pengajar LP3I Ada Yang Dari Desa Bulang

Pengajar LP3I Ada Yang Dari Desa Bulang

Pengajar LP3I Ada Yang Dari Desa Bulang
 
Pengajar LP3I Ada Yang Dari Desa BulangBulang, 8 Maret 2013. Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) merupakan lembaga pendidikan yang bisa dibilang sukses di tingkat Nasional. Prioritas terhadap peserta didiknya tidak diragukan lagi dengan adanya tenaga pengajar yang handal dan professional, sehingga dalam proses belajar mengajar dapat maksimal untuk bisa mencapai prinsip dari LP3I itu sendiri, yakni harus dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan tenaga kerja.  
Bebicara mengenai peserta didik, LP3I sudah tidak diragukan lagi, sebab secara umum diantara peserta didiknya tidak berasal dari ibu kota ataupun dari satu daerah saja, melainkan berasal dari seluruh penjuru daerah yang ada di indonsia. Dengan demikian, LP3I membuka Kampus -  kampus di hampir setiap ibu kota propinsi.
Pengajar LP3I Ada Yang Dari Desa BulangKini LP3I memiliki kampus yang tersebar di setiap propinsi dan kiprah LP3I semakin diakui oleh masyarakat luas. Pengakuan dari dunia industri tercemin dari semakin banyaknya perusahaan yang merekrut lulusan LP3I. Sedangkan pengakuan lain datang dari dunia pendidikan dalam dan luar negeri melalui kerjasama transfer kredit dan konversi mata kuliah. Selama kurun waktu ini telah ribuan lulusan memenuhi kebutuhan dunia industri atau kerja. Posisi-posisi yang strategis pun telah mulai dimasuki lulusan LP3I program pendidikan profesi 2 tahun. Lalu, kebutuhan akan studi lanjutan mulai dirasakan sebagai antisipasi pergeseran jenjang karir yang tentunya harus diselaraskan dengan peningkatan jenjang pendidikan. kabar baiknya adalah bahwa konsep pendidikan LP3I sidoarjo memiliki metode link dan match yang selalu berorientasi pada dunia kerja saat ini.

Pengajar LP3I Ada Yang Dari Desa Bulang

Pengajar LP3I Ada Yang Dari Desa BulangKabar gembiranya lagi ternyata salah satu diantara beberapa tenaga Pengajar LP3I Ada Yang Dari Desa Bulang. Yaa namanya adalah Siti Yatim Mustaqimah, Perempuan kelahiran 1988 sekaligus Istri dari Muhammad Alfan Cahyono ini juga pernah belajar di LP3I lulus pada tahun 2007 setelah menyelesaikan jenjang pendidikan SMA pada tahun 2004. Setelah lulus dari LP3I dia langsung direkrut oleh management untuk kemudian ditugaskan di LP3I sidoarjo.


Sangat beruntung sekali desa bulang mempunyai warga yang menjadi salah satu tenaga pengajar di salah satu lembaga pendidikan terbesar di indonesia. Besar kemungkinan dengan adanya Siti Yatim Mustaqimah berkiprah sebagai pengajar, diharapkan bisa memberikan kontribusi di desa bulang sendiri. Semoga saja. Amiin.

Pengajar LP3I Ada Yang Dari Desa Bulang



4 Mar 2013

Alokasi Dana Karang Taruna Desa Bulang

Alokasi Dana Karang Taruna Desa Bulang

Alokasi dana karang taruna desa bulang

Bulang, 3 Maret 2013. Alokasi dana pemerintahan desa bulang yang dicairkan untuk Karang Taruna Bhakti Desa Bulang tiap tahunnya adalah sebesar 1.500.000 sejak kepengurusan masa bhakti 2010 - 2012. Alokasi dana tersebut menjadi salah satu anggaran pemerintahan desa untuk karang taruna yang dicairkan tiap tiga bulan sekali dengan nominal sebesar 375.000. 
Selama masa bhakti kepengurusan karang taruna " Taruna Bhakti " sudah mendapatkan cairan dana sebanyak dua kali masing - masing di tahun 2010 dan tahun 2011. Itupun tidak cair sesuai dengan yang telah direncanakan oleh pemerintahan desa. Pada tahun 2010 alokasi dana memang 100% turun ke tangan bendahara karang taruna sebesar 1.500.000 akan tetapi pada tahun ke 2011 dana itu cair tidak langsung ke tangan bendahara karang taruna, melainkan digunakan untuk kebutuhan perayaan HUT RI Ke-66 yang selanjutnya dipergunakan untuk dana tambahan perayaan lomba dan jalan sehat. Dan untuk tahun 2012 kemarin, alokasi dana karang taruna belum juga kunjung cair dengan tanpa alasan apapun dan juga tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari kelurahan. 

Alokasi Dana Karang Taruna Desa Bulang

Setelah diklarifikasi ke bendahara umum karang taruna ternyata muncul statment bahwa "anggaran dana karang taruna itu seharusnya turun meskipun tanpa dimintan langsung ke kelurahan, sebab dana tersebut sudah menjadi hak kami". Jika kepengurusan kelurahan desa itu memang mempunyai kewajiban untuk mengalokasikan dana ke setiap Divisi - Divisinya, seharusnya tanpa dimintapun dana itu harus segera dicairkan. Cetusnya. Namun demikian, Alokasi Dana Karang Taruna Desa Bulang pada tahun kepengurusan 2010 - 2012 belum sepenuhnya dicairkan.

Alokasi Dana Karang Taruna Desa Bulang.

3 Mar 2013

Sejarah Berdirinya Karang Taruna

Sejarah Berdirinya Karang Taruna

Sejarah Berdirinya Karang Taruna

Setelah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Pemahaman Tentang Pengertian Karang Taruna, ada baiknya jika kita mencoba membaca bagaimana Sejarah Berdirinya Karang Taruna. Sedikit dari penjelasannya bisa anda simak di bawah ini :

Awal Mula Berdirinya Karang Taruna
Karang Taruna lahir pada tanggal 26 September 1960 di Kampung Melayu Jakarta, melalui proses Experimental Project Karang Taruna, kerjasama masyarakat Kampung Melayu/ Yayasan Perawatan Anak Yatim (YPAY) dengan Jawatan Pekerjaan Sosial/Departemen Sosial. Pembentukan Karang Taruna dilatar belakangi oleh banyaknya anak-anak yang menyandang masalah sosial antara lain seperti anak yatim, putus sekolah, mencari nafkah membantu orang tua dsb. Masalah tersebut tidak terlepas dari kemiskinan yang dialami sebagian masyarakat kala itu.

Karang taruna Di Tahun 1960 - 1069 
Tahun 1960–1969 adalah saat awal dimana Bangsa Indonesia mulai melaksanakan pembangunan disegala bidang. Instansi-Instansi Sosial di DKI Jakarta (Jawatan Pekerjaan Sosial/Departemen Sosial) berupaya menumbuhkan Karang Taruna–Karang Taruna baru di kelurahan melalui kegiatan penyuluhan sosial. Pertumbuhan Karang Taruna saat itu terbilang sangat lambat, tahun 1969 baru terbentuk 12 Karang Taruna, hal ini disebabkan peristiwa G 30 S/PKI sehingga pemerintah memprioritaskan berkonsentrasi untuk mewujudkan stabilitas nasional.

Karang taruna Di Tahun 1969 - 1083
Salah satu pihak yang berjasa mengembangkan Karang Taruna adalah Gubernur DKI Jakarta H. Ali Sadikin (1966-1977). Pada saat menjabat Gubernur, Ali Sadikin mengeluarkan kebijakan untuk memberikan subsidi bagi tiap Karang Taruna dan membantu pembangunan Sasana Krida Karang Taruna (SKKT). Selain itu Ali Sadikin juga menginstruksikan Walikota, Camat, Lurah dan Dinas Sosial untuk memfungsikan Karang Taruna. Tahun 1970 Karang Taruna DKI membentuk Mimbar Pengembangan Karang Taruna (MPKT) Kecamatan sebagai sarana komunikasi antar Karang Taruna Kelurahan. Sejak itu perkembangan Karang Taruna mulai terlihat marak, pada Tahun 1975 dilangsungkanlah Musyawarah Kerja Karang Taruna, dan pada moment tersebut Lagu Mars Karang Taruna ciptaan Gunadi Said untuk pertama kalinya dikumandangkan. Tahun 1980 dilangsungkan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Karang Taruna di Malang, Jawa Timur. Dan sebagai tindak lanjutnya, pada tahun 1981 Menteri Sosial mengeluarkan Keputusan tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Karang Taruna dengan Surat Keputusan Nomor. 13/HUK/KEP/I/1981 sehingga Karang Taruna mempunyai landasan hukum yang kuat. Tahun 1982 Lambang Karang Taruna ditetapkan dengan Keputusan Menteri Sosial RI nomor.65/HUK/KEP/XII/1982, sebagai tindak lanjut hasil Mukernas di Garut tahun 1981. Dalam lambang tercantum tulisan Aditya Karya Mahatva Yodha (artinya: Pejuang yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil) Pada tahun 1983 Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengeluarkan TAP MPR Nomor II/MPR/1983 tentang Garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang didalamnya menempatkan Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda

Sejarah Berdirinya Karang Taruna

Mulai GBHN Sampi dengan terjadinya krisis
  1. Tahun 1984 terbentuknya Direktorat Bina Karang Taruna; Tahun 1984-1987 sejumlah pengurus/aktivis Karang Taruna mengikuti Program Nakasone menyongsong abad 21 ke Jepang dalam rangka menambah dan memperluas wawasan; 
  2. Tahun 1985 Menteri Sosial menyatakan sebagai Tahun Penumbuhan Karang Taruna, sedangkan tahun 1987 sebagai Tahun KualitasKarang Taruna; Karang Taruna Teladan Tahun 1988 berhasil merumuskan: Pola Gerakan Keluarga Berencana Oleh Karang Taruna; 
  3. Tahun 1988 Pedoman Dasar Karang Taruna ditetapkan dengan Keputusan Menteri Sosial RI no. 11/HUK/1988; Kegiatan Studi Karya Bhakti, Pekan Bhakti dan Porseni Karang Taruna merupakan kegiatan dalam rangka mempererat hubungan antar Karang Taruna dari sejumlah daerah; 
  4. Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) sebagai sarana tempat Karang Taruna berlatih dibidang-bidang pertanian dan peternakan. Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) biasanya diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Karang Taruna. Merupakan forum kegiatan bersama antar Karang Taruna dari sejumlah daerah bersama masyarakat setempat, kegiatannya berupa karya bhakti/pengabdian masyarakat; 
  5. Tahun 1996 bekerjasama dengan Depnaker diberangkatkan 159 tenaga dari Karang Taruna untuk magang kerja ke Jepang antara 1 s/d 3 tahun, dalam upaya meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai bidang usaha; 
  6. Pelibatan Karang Taruna dalam kesehatan reproduksi remaja diadakan agar Karang Taruna dapat berperan sebagai wahana Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) bagi remaja warga karang Taruna.

Karang Taruna Ketika Masa Krisis (1997 – 2004)
Krisis moneter yang terjadi tahun 1997 berkembang menjadi krisis ekonomi, yang dengan cepat menjadi krisis multidimensi. Imbas dari krisis tersebut tak urung juga berdampak pada lambannya perkembangan Karang Taruna. Puncaknya pada saat pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid membubarkan Departemen Sosial, Karang Taruna pada umumnya mengalami stagnasi, bahkan mati suri. Konsolidasi organisasi terganggu ,aktivitas terhambat dan menurun bahkan cenderung terhenti. Hal tersebut menyebabkan Klasifikasi Karang Taruna menurun walaupun masih ada Karang Taruna yang tetap eksis. Tahun 2001 Temu Karya Nasional Karang Taruna dilaksanakan di Medan., Sumatera Utara. Hasilnya antara lain menambah nama Karang Taruna menjadi Karang Taruna Indonesia, memilih Ketua Umum Pengurus Nasional KTI, serta menyusun Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga KTI. Hasil TKN tersebut memperoleh tanggapan yang berbeda-beda dari daerah.

Demikian sedikit yang bisa kami jabarkan bagaimana Sejarah Berdirinya Karang Taruna

Pemahaman Tentang Pengertian Karang Taruna

Pemahaman Tentang Pengertian Karang Taruna


Pemahaman Tentang Pengertian karang TarunaBulang, 3 Maret 201. Pemuda merupakan generasi penerus bagi suatu bangsa. Pemuda juga diharapkan bisa memberikan pengaruh positif terhadap bangsanya dengan cara ikut berpartisipasi melaksanakan tujuan nasional minimal di daerah masing - masing. Sebab pemuda adalah salah satu harapan bangsa agar bisa mewujudkan cita - cita bersama sebaga warga negara.
Untuk bisa berpartisipasi dalam mewujudkan cita - cita bangsa, tentunya para pemuda harus memiliki satu wadah organisasi dimana mereka dapat mengutarakan aspirasinya. Wadah organisasi tersebut tidak lain adalah bernama Karang Taruna

Meski karang taruna sudah ada sejak lama, akan tetapi masih banyak pemuda di seluruh nusantara ini belum mengerti, bahkan tidak mengerti sama sekali apa itu Karang Taruna. Terkadang ada juga beberapa pemuda yang salah paham mengartikan Karang Taruna itu sendiri. Untuk lebih jelasnya mari kita memahami sedikit Tentang Pengertian Karang Taruna. 

Pemahaman Tentang Pengertian Karang Taruna

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. 

Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang. 

Karang Taruna beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 11 - 45 tahun) dan batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 17 - 35 tahun. Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian

Jadi jangan sampai salah diartikan kalau Karang Taruna itu merupakan organisasi tersendiri dan tidak memiliki relasi dengan pemuda - pemudi desa yang ikut dalam organisi lainnya yang berada di dalam suatu desa. Misalkan, di satu Desa selain Karang Taruna ada yang namanya organisasi atau LSM seperti remaja masjid, Ipnu/Ippnu dan lain sebagainya yang mana dalam organisasi itu kebanyakan adalah para pemuda/i desa. Tetapi sebab kurangnya pemahaman tentang karang taruna, tidak jarang mereka tidak mau disebut sebagai warga Karang Taruna. Justru lebih fanatik terhadap organisi mereka sendiri. Tetapi permasalahan demikian ini perlahan bisa di luruskan dengan sedikit memberikan pengertian Karang Taruna itu sendiri.

Dengan sedikit penjelasan di atas diharapkan dapat memberikan gambaran jelas terhadap peran pemuda dan pemudi bangsa indonesia ini dan supaya lebih kratif lagi guna berpartisipasi demi tercapainya tujuan nasional khususnya di Daerah Pedesaaan.

Demikian sedikit Pemahaman Tentang Pengertian Karang Taruna semoga bisa bermanfaat.

Pemahaman Tentang Pengertian Karang Taruna

1 Mar 2013

Prosedur Mendapatkan SKCK Dari Kepolsian

Prosedur Mendapatkan SKCK Dari Kepolsian

Prosedur Mendapatkan SKCK Dari Kepolisian

Bulang, 28 Februari 2013. Bagi siapa saja yang ingin mengajukan, meletakkan atau menaruh surat lamaran kerja di sebuah perusahaan, sudah pasti diminta menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisian di mana calon pegawai bertempat tinggal guna melengkapi persyaratan yang sudah di tetapkan oleh perusahan terkait. Meski demikian, tidak sedikit dari calon pencari pekerjaan ini memalsu surat penting tersebut. Satu dari alasannya adalah supaya tidak susah - susah dan capek - capek mengurus, disamping alasan berbelitnya proses dari kelurahan sampai dengan kepolisian, ataupun alsan - alasan lainnya. Atau bisa jadi mereka tidak mengerti bagaimana untuk bisa mendapatkan SKCK itu.

Prosedur Mendapatkan SKCK Dari Kepolisian

Bagi yang masih belum mengerti bagaimana Prosedur Mendapatkan SKCK Dari Kepolisian, anda bisa menyimak tips berikut :
Pertama yang harus dilakukan adalah datang ke kelurahan dimana tempat kita tinggal untuk meminta surat pengantar sekaligus mengisi formulir dari kepolisisan yang sudah disediakan di kantor kelurahan kemudian melakukan tandan tangan. Isi dari surat pengantar tersebut adalah tujuan mempergunakan SKCK tersebut. Dipergunakan untuk kebutuhan apa.
Selain itu anda juga harus mempersiapkan foto copy KTP, KK masing - masing satu lembar dan juga Pas Photo ukuran 4 x 6 sebanyak enam lembar.

Kedua, Setelah surat pengantar dan formulir di isi lengkap, langkah selanjutnya adalah menyerahkan persyaratan tersebut ke kantor kepolisian (Kapolsek) untuk kemudian di proses lebih lanjut. Setidaknya anda akan di suruh menunggu minimal 1 x 24 jam baru bisa mendapatkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tersebut.

Berikut contoh tampilan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Prosedur Mendapatkan SKCK Dari Kepolisian

Demikian sedikit apa yang bisa saya informasikan mengenai Prosedur Mendapatkan SKCK Dari kepolisian kepada para pembaca semoga bisa memberi manfaat.

Prosedur Mendapatkan SKCK Dari Kepolisian

Warga Desa Bulang Berangkat Melaksanakan Ibadah Umrah

Warga Desa Bulang Berangkat Melaksanakan Ibadah Umrah

Warga Desa Bulang Melaksanakan Ibadah Umrah

Bulang, 28 Februari 2013. Haji dan umrah menjadi impian bagi umat islam diseluruh penjuru dunia tidak terkecuali bagi warga desa bulang. Selain sebagai rukun islam kelima yang wajib di tunaikan satu kali seumur hidup bagi yang mampu menunaikannya, haji dan umrah juga mempunyai daya tarik tersendiri bagi yang melaksanakannya, sebab pahala yang diperoleh ketika melaksanakan ibadah haji dan umrah adalah sepuluh, bahkan seribu kali lipat ibadah yang dilaksanakan di tempat tinggal sendiri. 
Meskipun begitu, ibadah haji di indonesia sekarang ini dibatasi mengingat semakin banyaknya umat islam   khususnya di indonesia yang ingin menunaikan tiap tahunnya. Pembatasan itu berdasarkan peraturan dari pemerintahan arab saudi sendiri sebagai solusi alternatif mengurangi banyaknya jama'ah yang terlantar sekaligus demi keamanan selama melaksanakan ibdah haji dan umrah. 
Jika ingin mendaftarkan diri untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah, siap - siap sja menunggu 2 sampai dengan 5 tahun baru bisa mendapatkan nomor kursi pemberangkatan. Sebagai alternatifnya adalah melaksanakan ibadah umrah saja di luar bulan - bulan haji sehingga tidak harus menunggu lama untuk bisa berangkat ke tanah suci.
Sebagai contohnya adalah sebagaimana yang di lakukan oleh warga desa bulang yakni Bapak Abdul Lamin, pria berumur baya ini rela meskipun hanya melaksanakan ibadah umrah saja. Ketika di tanya alasannya kenapa hanya ibdaha umrah saja, tidak sekalian melaksanakan ibdah haji? Dia pun menjawab mumpung masih diberi kesehatan dan umur panjang, jika melaksanakan ibadah haji kan harus menunggu waktu lama, jadi semampunya saja lah meskipun hanya Umrah. 
Dia berangkat bersama dua jama'ah lainnya yang juga masih satu desa ikut sebuah yayasan yang diketuai oleh Bapak H. Tohirin dari desa pejangkungan pada tanggal 28 Februari 2013. Jadwal keberangkatannya pada pukul 03:00 WIB waktu setempat, dari rumah menuju bandara juanda membutuhkan waktu hampir satu jam kemudian sesampainya di bandara berkumpul dengan jama'ah yang lainnya. Chek In pemberangkatan pada pukul 06:30 WIB.
Semoga dengan pemberangkatan sampai dengan kepulangannya ke tanah air diberikan kesehatan, keselamatan dan juga mendapatkan gelar sebagai umat islam yang selalu taat pada allah swt. amin.

Warga Desa Bulang Berangkat Melaksanakan Ibadah Umrah

Warga Desa Bulang Melaksanakan Ibadah Umrah
 Tampak foto Bapak Abdul Lamin Beserta Keluarga ketika upacara pemberangkatan ibdaha umrah

 Bapak Abdul lamin tampak menyalami warga yang ikut mengantarkanya ke juanda

Warga Desa Bulang Melaksanakan Ibadah Umrah
saat-saat dimana bapak Abdul lamin memluk putri kesayangannya yang ikut mengiringi pemberangkatannnya ke juanda