Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis RAM Untuk Komputer

Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis RAM Untuk Komputer 

Berbicara mengenai sebuah kommputer pribadi atau yang sering disebut dengan PC, ialah gabungan dari beberapa komponen hardware yang saling terintegrasi dalam menjalankan fungsinya masing-masing. Secara garis besar komponen yang ada dalam sebuah PC diantaranya adalah Motherboard, processor, Hardisk, RAM (Random Access Memory), Hard Drive, Cashing dan lain sebagainya.


Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis RAM Untuk Komputer

Kebanyakan dari pengguna komputer, Banyak diantara mereka yang belum memahami apa saja pengertian ataupun jenis dari setiap komponen yang terdapat dalam sebuah komputer. Dan tidak menutup kemungkinan banyak juga diantara mereka yang bahkan memahami secara detail. Maka dari tiu, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang pengertian RAM, fungsi dan jenis Ram untuk sebuah komputer rumahan (PC) ataupun komputer jinjing (notebook/laptop).


1. Pengertian RAM (Random Access Memory) 

RAM merupakan kepndekan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.
RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer. RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer. Sumber 


2. Fungsi atau kegunaan RAM buat sebuah komputer 

Fungsi dari RAM dalam sebuah komputer adalah sebagai sebuah perangkat atau media yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara pada sebuah komputer. Jadi, memori ini memang difungsikan untuk menyimpan data sementara agar ketika komputer sedang bekerja, komputer tidak perlu mengakses terus menerus ke hardisk ketika mengolah data dan mencari data. Inilah alasannya mengapa ketika kapasitas memory semakin besar, maka kinerja komputer akan menjadi lebih cepat.
Memory dengan ukuran kapasitas 1 GB dan 512 MB akan mempunyai dampak yang berbeda jika dipasang dalam sebuah komputer. Sudah jelas RAM 1GB akan memberikan kinerja yang lebih cepat bila dibandingkan dengan RAM ukuran 512 MB. Biasanya, para gamers khususnya game-game komputer, biasanya akan membangun sebuah komputer dengan spesifikasi yang gila-gilaan. Mereka berani menghabiskan biaya yang besar dalam merakit komputer mereka. Sudah pasti komputer yang digunakan untuk bermain game besar dan berat akan membutuhkan memory yang besar juga. Begitu juga untuk pekerjaan-pekerjaan berat lainnya selain untuk bermain game, maka RAM yang besar pun akan dibutuhkan.

3. Jenis-jenis RAM 

Bicara mengenai jenis-jenis RAM kayaknya memang harus dipahami betul oleh siapa saja sebelum memutuskan untuk mengganti RAM komputernya apabila terjadi kerusakan ataupun bagi siapa saja yang sedang belajar mengenai komponen komputer. Maka dari itu perhatikan jenis-jenis RAM dibawah ini. Secara umum RAM terkategorikan menjadi tiga tipe yang masing masing memiliki jenis yakni
a. SRAM 
Ialah kependekan dari Static Random Access Memory. Statik menandakan bahwa memori memegang isinya selama listrik tetap berjalan, tidak seperti RAM dinamik (DRAM) yang membutuhkan untuk "disegarkan" ("refreshed") secara periodik. Hal ini dikarenakan SRAM didesain menggunakan transistor tanpa kapasitor. Selengkapnya bisa dibaca dalam artikel Pengertian SRAM dan Jenis-Jenis SRAM secara umum.
b. NV-RAM
Ialah kependekan dari Non-Volatile Random Access Memory merupakan sebuah jenis memori handphone dengan akses acak (RAM) yang umumnya digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang dilakukan oleh firmware, seperti BIOS, EFI atau firmware-firmware lainnya pada perangkat embedded, semacam router. Umumnya, NVRAM dibuat dengan teknologi manufaktur CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) sehingga daya yang dibutuhkannya juga kecil. Untuk menghidupinya agar data yang disimpan tidak hilang, NVRAM menggunakan sebuah baterai Litium dengan nomor seri CR-2032.Data yang tersimpan pada NVRAM tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan (bersifat permanen), hal ini berbeda dengan Voletile RAM
c. DRAM 
Ialah kependekan dari Dynamic random-access memory merupakan jenis random akses memori yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Karena kapasitornya selalu bocor, informasi yang tersimpan akhirnya hilang kecuali kapasitor itu disegarkan secara berkala. Karena kebutuhan dalam penyegaran, hal ini yang membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori (SRAM) statik memori dan lain-lain.
Keuntungan dari DRAM adalah kesederhanaan struktural: hanya satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, dibandingkan dengan empat di Transistor SRAM. Hal ini memungkinkan DRAM untuk mencapai kepadatan sangat tinggi. Tidak seperti flash memori, memori DRAM itu mudah "menguap" karena kehilangan datanya bila kehilangan aliran listrik.

Informasi diatas kiranya bisa bermanfaat buat kalian yang sedang mencari refrensi seputar komponen komputer tidak terkecuali Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis RAM untuk sebuah komputer. Kami mencoba untuk berbagi informasi degnan cara mengumpulkan data-data dari berbagai sumber  yang kemudian dirangkum sedemikian rupa sekiranya memberikan kemudahan bagi kalian dalam memahami artikel diatas.
Baca juga tentang daftar harga DDR2 atau DDR3 yang mungkin perlu untuk sobat ketahui. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis RAM Untuk Komputer"