30 Jan 2014

Pengertian WCDMA, HSDPA, HSPA, HSUPA, EDGE, GPRS

Pengertian wcdma, hsdpa, hspa, hsupa edge, gprs - Artikel kali ini merupakan salah satu bentuk respon atau aplikasi dari pertanyaan yang timbul dipikiran penulis secra pribadi tentang beberapa istilah yang ada hubungannya dengan dunia internet.

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/01/pengertian-wcdma-hsdpa-hspa-hsupa-edge-gprs.html

Setelah lama gemar menggunakan layanan internet menggunakan modem USB, ketika akan mengkoneksikannya melalui software bawaan (mobile partnet), ternyata ada beberapa tulisan istilah yang menimbulkan pertanyaan, Istilah itu adalah WCDMA, HSPDA, HSPA, EDGE, GPRS secara umum istilah itu merupakan indikator sinyal yang diterima oleh modem. Tapi kira-kira apa ya pengertiannya.

Mungkin pertanyaan penulis ini sama dengan pertanyaan sobat semua yang belum mengerti tentang istilah diatas. Maka pada kesempatan kali ini penulis mencoba berbagi informasi tentang apa itu Pengertian GPRS, WCDMA, HSPDA, HSPA, EDGE, GPRS yang mungkin bisa memberikan pemahaman bagi kita semua. Amiin.

Pengertian WCDMA, HSDPA, HSPA, EDGE, GPRS 

WCDMA 
Merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM, biasa disebut juga UMTS (Universal Mobile Telecommunication System). Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja. Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384 kbps dan dimasa akan datang akan meningkat sampai mungkin sekitar 10Mbps. Teknologi ini menggunakan Wideband-AMR (Adaptive Multi-rate) untuk kodifikasi suara (voice codec) sehingga kualitas suara yang didapat menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya.

HSDPA, HSPA, HSUPA
adalah singkatan dari High Speed Downlink Paket Access dalam bahasa indonesianya gini renk klo HSDPA yaitu kemampuan modem dalam mendownload file-file yang ada di internet ke komputer user/laptop si user. Contoh : download MP3 dari internet. ada yang menyebutkan HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G. HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang.(wikipedia) HSPA dalah koleksi protokol telepon genggam dalam ranah 3,5G yang memperluas dan memperbaiki kinerja protokol Universal Mobile Telecommunications System (UMTS). High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA), High-Speed Uplink Packet Access (HSUPA), dan High Speed Packet Access+ (HSPA+) adalah bagian dari keluarga High-Speed Packet Access (HSPA).

GPRS 
Ialah kependekan dari General Packet Radio Service adalah pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu GSM. GPRS itu sendiri menggunakan teknologi dengan kecepatan hingga 115 kbps namun secara teori kecepatannya hingga 160 kbps, karena itulah teknologi GPRS banyak digunakan untuk transfer data seperti e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol yang lebih dikenal dengan singkatan "WAP", dan World Wide Web atau yang sering disingkat "WWW".

EDGE 
Ialah Kependekan dari Enhanced Data rates for GSM Evolution menggunakan teknologi dengan kecepatan transfer data hingga 384 kbps dan secara teori dapat mencapai 473,6 kbps. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kecepatan teknologi EDGE secara umum tiga kali lebih besar dibandingkan dengan teknologi GPRS.
Source : wikipedia

Semoga istilah-istilah diatas bisa memberikan sedikit pemahaman buat sobat yang mungkin membutuhkan untuk presentasi disekolah atau kuliah atau mungkin bisa bermanfaat sekedar untuk lebih tahu lagi pengertian Pengertian WCDMA, HSDPA, HSPA, HSUPA, EDGE, GPRS

Pengertian WCDMA, HSDPA, HSPA, HSUPA, EDGE, GPRS

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.