Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Perkara Yang Membatalkan Puasanya Seseorang

Apa Saja Perkara Yang Membatalkan Puasanya Seseorang - Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, segala persiapan untuk memulai aktivitas berpuasa juga sudah banyak dilakukan oleh mayoritas orang islam. Meski demikian sebelum melaksanakan kewajiban sebagai umat islam tersebut, ada baiknya mengetahui apa saja perkara yang membatalkan puasanya seseorang selain mempersiapkan bekal berbuka atau sahur.

Perkara yang membatalkan puasa meliputi apa saja larangan selama berpuasa yang harus dijauhi, sebab jika tidak ditinggalkan bisa membatalkan syarat dan rukun puasa ataupun membatalkan pahala dari puasa itu sendiri.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/06/apa-saja-perkara-yang-membatalkan-puasanya-seseorang.html
Ilustrasi

Seperti yang kita ketahui bahwa puasa mempunyai definisi menahan diri dari sesuatu baik dari makanan atau berbicara. Menurut bahasa arab orang menahan diri untuk tidak berbicara juga disebut berpuasa.

Adapun puasa menurut agama adalah : menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya mulai dari terbitnya fajar sodiq (masuknya waktu subuh) hingga terbenamnya matahari (masuknya waktu maghrib)

Untuk melengkapi informasi pengetahuan kita dalam bidang keagamaan di bulan ramadhan, berikut akan kita bagikan terkait apa saja perkara yang membatalkan puasanya seseorang?

Perkara Yang Bisa Menyebabkan Batalnya Puasa

Secara garis besar ada beberapa perkara yang bisa membatalkan rukun ataupun pahala dari puasa diantaranya yakni sebagai berikut:

#Memasukan sesuatu kedalam lima lubang
Adapun penjelasan singkat mengenai memasukkan sesuatu ke lima lubang yakni sebagai berikut:
1. Mulut
Puasa akan batal jika seseorang memang dengan sengaja memasukkan benda kedalam mulutnya yang bisa berakibat masukknya sesuatu itu ke dalam tenggorakan sampai perut misalkan jari, minuman, makanan, rokok dan lain sebagainya.

2. Hidung
yang dimaksudkan disini yakni memasukkan sesuatu melalui hidung. Adapun batasan hidung yaitu disaat kita memasukkan air ataupun lainnya akan terasa panas (tersenggrok), maka yang demikian bisa membatalkan puasa.

3. Telinga
Yakni memasukkan sesuatu kedalam telingga. Adapun untuk batasan telinga yaitu bagian telinga yang tidak bisa dijangkau oleh jari kelingking.

4. Jalan Depan
Sudah barang tentu kita mengerti apa yang dimaksud dengan jalan depan pada anggota tubuh kita, yakni lubang kemaluan. Yang menjadikan puasa itu batak adalah memasukkan sesuatu meski itu adalah dalam keadaan darurat seperti memasukkan obat melalui lubang kemaluan atau pipa untuk mengeluarkan cairan dari dalam bagi orang yang sakit.

5. Jalan Belakang
Memasukkan sesuatu ke lubang belakang sama hukumnya seperti memasukkan sesuatu ke jalan depan. Artinya jika ada orang memasukkan sesuatu melalui lubang belakang (dubur) biarpun dalam keadaan darurat dalam pengobatan adalah membatalkan puasa termasuk memasukkan jemari saat istinja (Cebok). Maka cara yang benar dalam istinja adalah cukup dengan membersihkan bagian alat buang air besar dengan perut jemari tanpa harus memasukkan jemari ke bagian dalam.

# Muntah dengan sengaja
Yang dimaksudkan muntah dengan cara disengaja yakni banyak cara, misalkan sesorang yang sedang berpuasa memasukkan jarinya sampai tenggorokan dan kemudian dia memuntahkan sesuatu dari dalam perutnya. Atau cara lain seperti sengaja mencium bau-bauan tidak sedap dan banyak lagi.

Dan bagaimana jika muntah tidak disengaja? Maka cara penyelesaiannya agar puasa kita tetap tidak batal yakni dengan berkumur sampai bersih.

# Bersenggama
Kegiatan satu ini sudah barang tentu akan membatalkan puasa jika dilakukan orang yang berpuasa dalam keadaan sebagai berikut:
  • Dilakukan oleh orang yang wajib baginya berpuasa
  • Dilakukan di siang bulan puasa
  • Dia ingat kalau dia sedang puasa
  • Tidak karena paksaan
  • Mengetahui keharomannya atau dia adalah bukan orang yang bodoh
  • Berbuka karena bersenggama

# Keluar mani dengan sengaja
Keluarnya mani tidak hanya dengan cara bersenggama dengan istri, bisa juga dilakukan dengan atau karena keadaan tertentu. Namun untuk masalah perkara yang membatalkan puaa ini, keluarnya mani bisa dikarenakan Onani sendiri atau lewat tangan istri, Menyentuh istri sampai mengeluarkan mani meskipun tidak meamsukkan alat kelamin.

Jika keluar mani dikarenakan mimpi basah, maka untuk kasus ini bukan termasuk perkara yang membatalkan puasa.

# Hilang akal
Hilangnya akal disini ada bebera penyebab, diantaranya Gila, Mabuk, Pingsan atau Tidur. Dari setiap penyebab tersebut, ada penjelasan masing-masing sebagai berikut:
Gila, Sudah pasti membatalkan puasa sebab orang gila tidak dalam keadaan sadar, tidak paham akan syarat rukun puasa.
Mabuk atau pingsan ini bisa menjadi satu keadaan yang bisa membuat puasanya seseorang batal, misalkan saja mencium bebauan yang kemudian membuat pusing dan akhirnya mabuk, maka ini bisa membatalkan puasa.

# Haid
Membatalkan puasa walaupun hanya sebentar sebelum waktu berbuka. Misal haid datang 2 menit sebelum masuk waktu maghrib maka puasanya menjadi batal.

# Melahirkan
Misal seorang ibu hamil sedang berpuasa tiba-tiba melahirkan di siang hari saat berpuasa, maka puasanya menjadi batal.

# Nifas
Misalnya ada orang melahirkan ternyata setelah melahirkan tidak langsung keluar darah nifas. Karena ia mengira tidak ada nifas akhirnya ia berpuasa dan ternyata di saat ia lagi puasa darah nifasnya datang maka saat itu puasanya batal.
 

# Murtad.
Ada banyak tindakan yang membuat orang islam menjadi murtad, misalkan  ada orang lagi berpuasa tiba-tiba ia berkata bahwa ia tidak percaya kalau Nabi Muhammad adalah Nabi atau adaorang lagi berpuasa tiba-tiba menyembah berhala maka puasanya menjadi batal.

Penjelasan mengenai Perkara diatas sengaja kami informasikan dengan tujuan supaya bisa memperbanyak hasanah ilmu agama terlebih mengenai Puasa. Diantara beberapa perkara di atas sebenarnya ada konsekuensi untuk meng-qodlo' puasa dan akibat yang harus diselesaikan jika benar-benar melakukan Perkara Yang Bisa Membatalkan Puasa.

Untuk konsekuensi atau cara penyelesaian batalnya puasa seseorang disebebakan perkara diatas, lain waktu akan kami tulis dengan judul Tata Cara Mengganti atau Meng-qodlo' Puasa Yang Batal.

Apa Saja Perkara Yang Membatalkan Puasanya Seseorang

Post a Comment for "Apa Saja Perkara Yang Membatalkan Puasanya Seseorang"