Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Ini Lomba 17 Agustus Yang Menarik dan Mendidik

Lomba 17 Agustus Sebaiknya Yang Menarik Sekaligus Mendidik - Perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) adalah salah satu bentuk kegiatan yang dibilang bisa meramaikan sekaligus mengingatkan masyarakat terhadap perjuangan para pahlawan Indonesia di medan pertempuran kala itu.

Perlombaan atau Lomba 17 Agustus merupakan agenda rutinitas yang diadakan oleh hampir seluruh warga indonesia terlebih yang berada di pedesaan.

Kegiatan tahunan ini biasanya diadakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Dan tidak jarang diadakan pada hari atau tanggal diluar bulan Agustus. Dalam arti lain, Kegiatan perlombaan bisa saja diadakan pada bulan september atau sebelum bulan puasa.

Dan untuk mengadakan acara Lomba 17 Agustus bisa dilakukan di suatu tempat atau halaman yang cukup memadai peserta sekaligus warga yang hadir. Hal ini dimaksudkan agar peringatan HUT RI tampak begitu meriah dan bisa dinikmati oleh warga setempat yang menyaksikan.

Untuk pendanaan Perlombaan itu sendiri, Biasanya di dapatkan dari iuran warga atau juga dengan memanfaatkan anggaran dana dari Kelurahan untuk kegiatan HUT RI setiap tahunnya. Dan tidak jarang panitia lomba mempergunakan dana seadanya hanya untuk mengadakan Perlombaan setiap tahunnya.

Meskipun begitu, memeriahkan peringatan HUT RI dengan cara mengadakan berbagai perlombaan 17an ini tujuannya adalah tidak lain untuk meramaikan sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme pemuda-pemudi Negara Indonesia.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana caranya mengemas agar perlombaan 17 Agustus tampak meriah, efisien, mendidik, sekaligus bisa membangun rasa nasionalisme dan semakin cinta terhadap tanah air Indonesia?

Jika menyoal pertanyaan diatas, tentu lomba yang akan ditawarkan pada masyarkat sebaiknya tidak hanya menarik saja, melainkan bagaimana Perlombaan itu bisa mendidik bagi semua kalangan masyarakat terlebih kawula muda.

Lomba 17 Agustus Yang Menarik dan Mendidik

Oleh karena itu, disini ada beberapa contoh lomba 17 Agustus yang menarik sekaligus mendidik buat semua kalangan masyarakat meliputi ibu - ibu, pemuda - pemudi, Bapak - Bapak yang mana nantinya bisa dijadikan rujukan sebelum memutuskan apa saja jenis perlombaannya.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis lomba yang bisa ditawarkan kepada masyarakat. Kalau bisa menyesuaikan pada karakter masyarakat di zaman sekarang dan membedakan umur untuk setiap jenis perlombaan.

Secara garis besar kita bisa memetakan Jenis Perlombaan itu diperuntukkan untuk Ibu-Ibu, Untuk Bapak-Bapak, dan Untuk Pemuda-Pemudi.

Lomba 17 Agustus Untuk Ibu - Ibu

1. Memasak
Lomba ini cocok buat karakter ibu-ibu karena pada dasarnya memasak merupakan pekerjaan ibu rumah tangga setiap harinya. Adapun untuk peraturannya, panitia bisa memberikan satu resep yang harus dikerjakan oleh setiap peserta lomba dengan waktu yang sudah ditentukan kemudian dinilai dari segi Rasa, kekompakan, seragam, Tampilan atau kerapian penyajiannya. Untuk lomba memasak ini, bisa juga diadakan untuk bapak-bapak yang jago memasak.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/06/berikut-ini-lomba-17-agustus-yang-menarik-dan-mendidik.html

Lomba 17 Agustus Untuk Bapak-Bapak

1. Menirukan Gaya Presiden Soekarno
Menirukan disini yakni bisa dengan cara membacakan teks proklamasi, teks pancasila atau pidato sebagaimana layaknya gaya Bapak Soekarno. Atau juga bisa dengan lomba mirip dengan wajah presiden soekarno. Adapun tujuannya yakni mengingatkan jiwa nasionalisme dan mengenang betapa gagahnya presiden pertama Indonesia tersebut. 
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/06/berikut-ini-lomba-17-agustus-yang-menarik-dan-mendidik.html

2. Tarik Tambang
Kegiatan ini dimaksudkan agar bapak-bapak bisa merasakan betapa beratnya mempertahankan indonesia dari tarik ulur tangan para penjajah.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/06/berikut-ini-lomba-17-agustus-yang-menarik-dan-mendidik.html

3. Panjat Pinang
Lomba ini bisa dikatakan paling meriah dan seru sekaligus mendidik, sebab mengingatkan betapa beratnya perjuangan para pahlawan ketika menurunkan bendera musuh kemudian diganti dengan bendera Merah Putih.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/06/berikut-ini-lomba-17-agustus-yang-menarik-dan-mendidik.html

Untuk panjat pinang ini biasanya dilakukan dengan cara memanjat pohon pinang yang sudah dioelesi oli dan pelicin guna mengambil hadiah yang sudah disediakan oleh panitia. Panjat pinang bisa dilakukan di sungai, dan bisa dilakukan di halaman luas.

Lomba 17 Agustus Untuk Anak-anak

1. Cerdas Cermat Bertema Sejarah Kemerdekaan
Lomba ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya ingat anak muda zaman sekarang tentang sejarah perjuangan pahlawan menghadapi penjajah sampai dengan merebut kemerdekaan. Selain itu, panitia juga bisa memberikan tema lain yang berhubungan dengan nasionalisme di era reformasi saat ini. Tentu perlombaan yang demikian ini tidak hanya menarik akan tetapi bersifat mendidik.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/06/berikut-ini-lomba-17-agustus-yang-menarik-dan-mendidik.html


2. Menghafal Teks Proklamasi dan Pancasila
Sudah pasti tujuannya adalah mendidik pemuda untuk lebih nasionalis terhadap negara sendiri dan selalu mengingatkan akan nilai - nilai pancasila.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/06/berikut-ini-lomba-17-agustus-yang-menarik-dan-mendidik.html

Selain macam - macam Perlombaan diatas, masih banyak lagi lomba 17 Agustus yang bisa diadakan buat semua kalangan untuk meramaikan HUT RI diantaranya sebagai berikut:
1. Lomba Balap Karung
2. Lomba Kelereng
3. Lomba memasukkan benang dalam jarum
4. Lomba Memasukkan Paku ke dalam Botol
5. Lomba Tarik Tambang
6. Lomba memasukkan belut ke dalam botol
7. Lomba Meletuskan Balon dengan perut
8. Lomba Sepakbola Menggunakan Terong
9. Lomba Sepakbola Dengan Memakai Sarung
10. Lomba Catur
11. Lomba Tenis meja
12. Lomba Badminton
13. Lomba Menangkap Bebek atau ayam yang dilepaskan disawah
14. Lomba Melewati jembatan dari bambu
15. Lomba Gepuk bantal
16. Lomba Makan Kerupuk
17. Lomba mengambil uang receh yang ditancapkan di buah pepaya
18. Lomba Joget
19. Lomba Panco
20. Lomba Jalan Menggunakan Bakiak Besar

Masih banyak lagi jenis lomba yang bisa dibuat untuk memeriahkan HUT RI. Tergantung kreatifitas dan juga minat panitia. Dan perlu menjadi catatan, sebaiknya Lomba 17 Agustus itu menarik sekaligus mendidik buat kalangan umum.

4 comments for "Berikut Ini Lomba 17 Agustus Yang Menarik dan Mendidik"

  1. I have to greatly thank google for leading to this post, it has relevant and interesting information. To show more relevance of google, i will share a link that will greatly benefit many individuals.
    Forums posting help

    ReplyDelete
  2. Mohon ijin share. Buat yang pernah jadi peserta lomba 17 Agustusan mungkin bisa jawab quiz seputar lomba 17 an. Silakan ke : http://piljatep.web.id/content/quiz-macam-lomba-17an.

    ReplyDelete
  3. makasih atas infonya sangat membantu, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2C1Vcor

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete