Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapkan Menu Sehat Saat Sahur Dan Buka Puasa

Siapkan Menu Sehat Saat Sahur Dan Buka Puasa - Tinggal dua hari lagi umat islam melaksanakan kewajiban berupa puasa ramadhan. Segala persiapan pun sudah dipersiapkan mulai dari persiapan mental, fisik sampai dengan persiapan menu sehat saat sahur dan buka puasa nanti.

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/search/label/RamadhanBebicara soal menu sahur dan berbuka puasa, sebagai umat islam sebaiknya tidak hanya sekedar mencari makanan yang lezat saja, melainkan memperhatikan juga makanan yang sehat dan bergizi sesuai dengan apa yang sudah pernah dianjurkan oleh nabi muhammad s.a.w.
Makan sahur dan buka puasa bisa dipersiapkan mulai dari sekarang, tidak harus menunggu waktu puasa tiba. Kemudian Kapan dan dimana kita membeli makanan untuk kebutuhan sahur dan buka puasa? semua tergantung pada selera belanja masing-masing. Untuk tempat misalkan, kita bisa memanfaatkan makanan dan minuman siap saji jika tempat tinggal berada di dekat swalayan, sehari, dua atau tiga hari sebelum masuk bulan ramadhan.

Untuk yang bertempat tinggal jauh dari perkotaan, biasanya memanfaatkan pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan dapur rumah tangganya selama sebulan penuh atau setiap hari sekali berbelanja untuk keperluan makan sahur dan buka puasa.

Menu Sehat saat Sahur

Menu sahur sebaiknya dipersiapkan lebih awal daripada menu berbuka puasa, langkah ini dimaksudkan mengantisipasi agar ketika sahur tidak merasa tergesa-gesa untuk mencari makanan. Menu Sehat saat sahur bisa menjaga stamina tubuh menjadi bersemangat disaat puasa siang hari. Oleh karena itu persiapkan makanan ketika sahur sebagai berikut: 
1. Makanan yang mengandung cukup kandungan karbohidrat
2. Makanan sahur sebaiknya yang masih baru.
3. Makanan yang tidak mengandung banyak lemak
4. Memperbanyak Minum ketikas sahur
5. Makanan sahur jangan terlalu manis
6. Siapkan susu ketika sahur
7. Perbanyak makan Buah-buahan
8. Minum nutrisi alami seperti madu
9. Hendaknya meng-akhirkan Makan Sahur

Menu Buka Puasa

Ada sedikit perbedaan pada menu sahur dan buka puasa, yakni terletak pada rasa manis makanan, jika saat sahur kita dianjurkan untuk makan makanan yang tidak terlalu manis, maka untuk buka puasa, sebaiknya kita mempersiapkan makan-makanan yang manis seperti kurma, dan lain sebagainya.Yang demikian dimaksudkan agar energi dalam tubuh bisa kembali normal. Adapun menu sehat saat berbuka puasa kurang lebih sebagai berikut: 
1. Kurma sebagaimana sunnah nabi muhammad s.a.w.
2. Minum yang manis alami tanpa gula seperti air kelapa, jus buah melon atau semangka  dan buah lainnya. Hindari gula pasir karena akan menyebabkan loyo, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik.
3. Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan gorengan akan membuat ngantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%
4. konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal masuk air 1 liter.

Selain mempersiapkan menu sehat saat sahur dan buka puasa, hendaknya memperhatikan juga sunnah rosululloh s.a.w yakni dengan cara mengakhirkan sahur, dan menyegerakan berbuka puasa. Untuk itu mulai sekarang siapkan menu sehat saat sahur dan buka puasa.
Dan untuk melengkapi pengetahuan tentang puasa ramadhan, silahkan baca juga informasi spesial ramadhan yang sudah kami kumpulkan dalam kategori keagamaan.

Sumber: Kompas & Klik 

Post a Comment for "Siapkan Menu Sehat Saat Sahur Dan Buka Puasa"