Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasuki Rumah Baru Menurut Adat Jawa

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/08/cara-memasuki-rumah-baru-menurut-adat-jawa.html
Cara Memasuki Rumah Baru Menurut Adat Jawa - Punya rumah baru merupakan dambaan banyak orang. Dengan gaya desain minimalis dan sederhana sudah cukup membuat hati senang apalagi rumah itu dibangun menggunakan jerih payah dari kerja sendiri. Ada yang menarik terkait rumah baru yakni tentang bagaimana tindak tanduk atau adat sang pemilik memasuki rumah untuk pertama kalinya.

Kami (penulis) sengaja membagikan pengalaman mengenai hal itu, sebab pada suatu ketika penulis ikut serta dalam undangan acara memasuki rumah. Kebetulan saat itu yang mengundang adalah orang dari jawa asli. Bagaimanakah cara memasuki rumah baru menurut adat jawa?, berikut informasinya.

Terdapat sesi acara mulai dari pembukaan, tahlil atau kirim doa, sambutan dan di akhiri dengan do'a. Sebelum acara di mulai, sang pemilik rumah beserta keluarganya berjalan masuk dari luar seraya mengucapkan salam kepada tamu undangan yang hadir sambil membawa bekal seperti pakaian, tikar, peralatan dapur dan masih banyak lagi.

Jadi jika disimpulkan secara lebih terperinci, Cara memasuki rumah baru menurut adat jawa adalah sebagai berikut:

Pertama
Pemilik rumah beserta keluarga memasuki rumah seraya mengucapkan salam dan membawa semua bekal yang dibutuhkan.

Kedua
Acara pembukaan yakni dimulai oleh MC dengan membaca surat al-faithah.

Ketiga
Memulai acara tahlil dan Do'a bersama dengan para tamu undangan yakni mendoakan orang tua atau keluarga sang pemilik rumah yang sudah meninggal.

Keempat
Sambutan yang di isi oleh muballigh atau kyai dari daerah setempat yang berisikan nasihat untuk tetap bersyukur kepada alloh s.w.t.

Kelima
Do'a penutup dan dilanjutkan acara makan makan yang kemudian para undangan di beri berkat (jawa) untuk dibawa pulang.

Mungkin prosesi acara memasuki rumah di atas yang bisa kami bagikan mengingat apa yang sudah penulis alami secara langsung. Sebenarnya masih banyak lagi adat jawa memasuki rumah yang belum bisa kami temukan di daerah sobat masing - masing.

Cara Memasuki Rumah Baru Menurut Adat Jawa tadi setidaknya memberikan sedikit gambaran positif dan bisa dijadikan rujukan ketika akan memasuki rumah baru. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memasuki Rumah Baru Menurut Adat Jawa"